Mendagri: Kondisi di Wamena Aman

Kompas.com - 07/10/2019, 13:45 WIB
Plt Menkumham Tjahjo Kumolo saat ditemui di Kantor Kemenkumham di Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariPlt Menkumham Tjahjo Kumolo saat ditemui di Kantor Kemenkumham di Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan bahwa stabilitas nasional serta keamanan daerah di Wamena, Papua pasca-rusuh terjaga. 

"Secara prinsip, kondisi stabilitas nasional dan daerah di Wamena aman. Hari ini panglima TNI dan kapolri memastikan ke sana," ujar Tjahjo selesai mengikuti apel pagi di Kementerian Hukum dan HAM, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Selain itu, menurut dia, pelayanan masyarakat di Wamena mulai berjalan meski belum maksimal.

Baca juga: Polda Papua Tetapkan 13 Tersangka Kerusuhan Wamena

Saat ini, pelayanan masyarakat masih dilakukan di kantor kodim setempat.

"Saya kira kalau toh warga yang mau kembali ke asalnya dan ada beberapa gubernur yang mau fasilitasi, tidak ada masalah," kata dia.

"Apa pun, setiap warga negara memiliki hak untuk dia tinggal di mana, mencari nafkah di mana dari Sabang-Merauke," ucap Tjahjo.

Ia juga mengatakan, pemerintah akan mengembalikan stabilitas ekonomi di Wamena secara bertahap. 

Akibar kerusuhan di Wamena pada 23 September 2019 lalu, ribuan warga mengungsi ke beberapa tempat untuk mengamankan diri.

Baca juga: Sekitar 500 Pengungsi dari Wamena Tiba di Makassar

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, ada 3.800 orang yang mengungsi ke beberapa titik di Jayapura, antara lain di kantor kodim, koramil, hingga polsek.

Sementara itu, di Jayapura, ada 8.600 pengungsi. Namun, hanya 3.500 orang yang berada di tempat pengungsian.

Sisanya memilih tinggal di rumah keluarga atau kerabatnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X