Terpilihnya Firli Jadi Sorotan, Anggota Komisi III: Enggak Mungkin Kita Puaskan Setiap Orang

Kompas.com - 13/09/2019, 16:30 WIB
Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/ama.
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDICalon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/ama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Nasir Djamil menanggapi santai adanya kritikan menyusul terpilihnya Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023.

Nasir mengakui, keputusan Komisi III DPR itu tidak dapat memuaskan semua pihak.

Ia mempersilakan publik mengkritik kinerja Firli bila sudah menjadi Ketua KPK kelak.

"Kan enggak mungkin kita memuaskan setiap orang. Tinggal nanti kalau publik tidak puas tinggal dikritisi dan diawasi dengan baik," kata Nasir di Kompleks Parlemen, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Tak Sampai 5 Menit Musyawarah, Komisi III Sepakati Firli Ketua KPK

Nasir menegaskan, Komisi III DPR tidak mempermasalahkan pelanggaran etik yang dituduhkan kepada Firli karena Panitia Seleksi Capim KPK pun tidak menemukan adanya pelanggaran etik itu.

Nasir pun mengakui bila hasil seleksi pansel mendapat sototan publik.

Oleh sebab itu, ia mengusulkan agar pembentukan pansel ke depannya diatur melalui kriteria yang lebih ketat.

"Ke depan DPR dan pemerintah mengatur juga kriteria siapa yang layak dan patut duduk di pansel. Sehingga kemudian ketika pansel dibentuk oleh presiden, orang tidak mencemooh, mencurigai, dan sebagainya," ujar Nasir.

Baca juga: Firli Jadi Ketua KPK dan Saut Mundur, Ini Komentar Jokowi

Diberitakan sebelumnya, Komisi III telah menetapkan Firli sebagai Ketua KPK periode 2019-2023 pada Jumat dini hari tadi.

Keputusan diambil melalui musyawarah antara perwakilan 10 fraksi setelah voting.

"Berdasarkan diskusi, musyawarah dari seluruh perwakilan fraksi yang hadir menyepakati untuk menjabat Ketua KPK masa bakti 2019-2023 sebagai ketua adalah Saudara Firli Bahuri," ujar Ketua Komisi III Aziz Syamsudin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X