Sultan dari Kalimantan Dapat Sepeda dari Jokowi

Kompas.com - 17/08/2019, 15:52 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memberi hadiah sepeda kepada tamu undangan yang mengenakan pakaian baju adat terbaik seusai memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Tampak Sultan Gunung Tabur (ketiga dari kanan) ikut memenangkan kostum terbaik. ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO APresiden Joko Widodo (kedua kanan) memberi hadiah sepeda kepada tamu undangan yang mengenakan pakaian baju adat terbaik seusai memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Tampak Sultan Gunung Tabur (ketiga dari kanan) ikut memenangkan kostum terbaik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sultan Gunung Tabur Adji Raden M. Bachrul dari Berau, Kalimantan Timur, mendapat hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo pada upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Ia memenangkan kontes kostum terbaik dengan mengenakan pakaian adat Kesultanan Gunung Tabur. Bachrul mengenakannya lantaran ia benar-benar seorang Sultan di sana.

"Ini dari Kerajaan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Saya memang Sultan Kerajaan Gunung Tabur, Kabupaten Berau," ujar Bachrul saat ditemui di sela acara.

Baca juga: Jokowi Bagi-bagi Sepeda untuk Pemenang Kostum Terbaik di Upacara HUT RI

Ia tak menyangka bisa dapat hadiah sepeda dari Jokowi. Ia mengaku hampir setiap tahun menghadiri upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka.

Ia pun mengungkapkan pernah menjadi anggota paskibraka yang mengibarkan bendera pusaka di Istana Merdeka. Pada saat itu, Soeharto masih menjabat Presiden kedua RI.

"Saya mantan pengibar bendera pusaka tahun 1974, saya pelajar teladan tingkat nasional zaman Soeharto," ujar Bachrul.

Baca juga: Upacara HUT ke-74 RI di Istana, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Bali

Saat mengambil hadiah sepeda, Bachrul memamerkan koleksi cincin yang ia pakai. Saat memamerkan cincinnya, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pun tertarik.

"Wih cantiknya, kata Bu Jokowi. Ini (jenis) kuria, ini teratai Aceh, ini marjan (dari) Banjarmasin," ujar Bachrul memamerkan cincinnya kepada wartawan.

Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sepeda sebagai hadiah bagi mereka yang menang kontes kostum terbaik di upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: Tak Hanya dari Suku Sasak, Ini 5 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi

Adapun panitia meminta para tamu undangan mengenakan pakaian daerah. Hal itu tertulis di undangan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertugas membacakan pemenang kontes.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X