Setuju Anak Muda Masuk Kabinet Jokowi, Nasdem Ingatkan Keterwakilan Perempuan

Kompas.com - 03/07/2019, 13:59 WIB
Anggota Komisi III DPR, Teuku TaufiqulhadiKOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Anggota Komisi III DPR, Teuku Taufiqulhadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Pakar Partai Nasional Demokrat ( Nasdem) Taufiqulhadi setuju dengan gagasan Presiden Joko Widodo bahwa formasi Kabinet Kerja Jilid II akan diisi oleh banyak anak muda.

"Ada representasi kaum muda (di kabinet), itu bagus menurut saya," kata Taufiq di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Jokowi Blak-blakan soal Kabinet Muda, Juga Menteri dari Profesional atau Parpol

Menurut Taufiq, elemen kaum muda cukup penting untuk masuk ke dalam jajaran kabinet. Alasannya, demi kontinuitas bangsa.


Lagipula, ada sejumlah posisi dalam kabinet yang cocok untuk diisi oleh kaum muda. Salah satunya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga.

Meski demikian, Taufiq memandang, jangan hanya unsur kaum muda saja yang mesti diakomodasi di dalam kabinet. Keterwakilan kaum perempuan juga semestinya diperhatikan oleh Presiden Jokowi.

"Pertimbangan ada perempuan (dalam kabinet) itu harus ada," ujar dia.

Baca juga: CEK FAKTA: Joko Widodo Sebut Ada 9 Menteri Perempuan di Kabinetnya

Terakhir, baik dari kalangan muda, perempuan atau yang lainnya, sosok pembantu presiden ke depan juga harus memahami serta menghayati Nawa Cita. Sebab, itu merupakan visi dan misi kepala negara untuk pembangunan bangsa ke depan.

"Memahami aspek kebangsaan kita itu bangsa Indonesia bagaimana. Mengerti tentang Indonesia ke depan. Jadi ada perspektif futuristik," ujar Taufiq.

Diberitakan, Presiden Jokowi mengungkapkan kriteria menteri yang akan mengisi kabinetnya ke depan. Menurut Jokowi pertama, menteri yang mengisi kabinet nantinya harus memiliki kemampuan mengeksekusi program secara tepat dan cepat.

Kedua, harus memiliki kemampuan manajerial. Ketiga, kabinet mendatang juga akan banyak diwarnai dengan anak-anak muda.

"Ya, bisa saja ada menteri umur 20-25 tahun, kenapa tidak? Tapi dia harus mengerti manajerial, dan mampu mengeksekusi program-program yang ada. Umur 30-an juga akan banyak," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan harian Kompas, Senin (1/7/2019).

 

 

Kompas TV Presiden Jokowi blak-blakan soal kriteria menterinya pada periode kedua sebagai Presiden Indonesia. Jokowi menegaskan jika kabinet kerjanya kemungkinan akan diisi dengan banyak anak muda yang tentunya mempunyai kemampuan sesuai kriteria. Lalu apa saja kriteria yang ditentukan oleh Presiden Jokowi? Berikut cuplikan wawancara pemimpin Redaksi Harian Kompas, Ninuk Mardiana Pambudy dengan Presiden Joko Widodo. #JokoWidodo #CalonMenteri

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X