Hasil "Perang Bintang" Caleg Jatim, dari Ibas, Ahmad Dhani, hingga Krisdayanti

Kompas.com - 15/05/2019, 05:07 WIB
Sejumlah caleg yang maju dari Jawa Timur.Dok. Kompas.com Sejumlah caleg yang maju dari Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri untuk Provinsi Jawa Timur melalui rapat pleno.

Rapat pleno tersebut digelar di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

"Rekapitulasi suara pemilu Provinsi Jawa Timur sah," kata pimpinan rapat yang juga Komisioner KPU RI, Hasyim Asy'ari, dalam rapat pleno.

Melalui rapat tersebut, disampaikan seluruh perolehan suara calon legislatif, termasuk perolehan suara beberapa nama besar mulai dari petahana, elite partai politik, hingga artis.

Baca juga: Hasil Perang Bintang Caleg Dapil Yogyakarta, dari Hanafi Rais hingga Titiek Soeharto

Jawa Timur sendiri terdiri dari 11 daerah pemilihan (dapil). Nama-nama besar tersebut tersebar di 11 dapil.

Di Dapil Jatim 1 yang meliputi Kota Surabaya dan Sidoarjo, mantan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno meraih suara tinggi yaitu sebanyak 139.794. Puti maju melalui PD-IP.

Masih di Dapil yang sama, petahana dari PKB yang juga seorang artis Arzetti Bilbina, mendapat suara 53.185. Ia diprediksi kembali lolos ke Senayan.

Sementara itu, nama-nama yang diprediksi tak lolos di antaranya, musisi Ahmad Dhani yang maju melalui Gerindra dengan perolehan suara 40.148. Ada pula penyanyi Andre Hehanusa dari PDI-P dengan 26.139 suara.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso, yang mendapat 5.335 suara juga diprediksi tak lolos.

Lagi, artis Manohara Odelia Pinot dari Nasdem dengan 6.865 suara diprediksi gagal melaju ke parlemen.

Baca juga: Perang Bintang di Dapil Yogyakarta, dari Petahana hingga Penyanyi

Dari Dapil Jatim 5, artis Krisdayanti yang maju melalui PDI-P mengantongi suara tinggi mencapai 132.131. Ia bahkan mengalahkan perolehan suara Wasekjen PDI-P Ahmad Basarah yang mendapat 104.914.

Sementara itu, di Dapil Jatim 6, dua petahana PDI-P mendapat suara yang cukup tinggi. Keduanya ialah Guruh Soekarno Putra dengan 131.986 suara dan Arteria Dahlan dengan 108.259 suara.

Sementara itu, artis Vena Melinda diprediksi gagal kembali menjadi anggota DPR RI. Politikus Nasdem itu meraup suara 57.060.

Di Dapil Jatim 7, putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, berhasil meraih suara tinggi. Petahana Demokrat itu mengantongi 263.510 suara.

Masih dalam dapil yang sama, mantan Juru Bicara KPK Johan Budi yang maju melalui PD-IP juga diprediksi lolos. Perolehan suaranya mencapai 76.395.

Sementara itu, politikus PDI-P Budiman Sudjatmiko diprediksi gagal kembali melenggang ke Senayan. Ia mendapat 48.806 suara.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X