Hasil "Perang Bintang" Caleg Dapil Yogyakarta, dari Hanafi Rais hingga Titiek Soeharto

Kompas.com - 13/05/2019, 16:06 WIB
Politikus Partai Amanat Nasional Hanafi Rais saat berbincang dengan wartawan di Senopati, Jakarta, Rabu (7/3/2018)KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Politikus Partai Amanat Nasional Hanafi Rais saat berbincang dengan wartawan di Senopati, Jakarta, Rabu (7/3/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui rapat pleno.

Rapat pleno berlangsung di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

"Rekapitulasi suara pemilu Provinsi Daerah Istimewa Yogakarta sah," kata pimpinan rapat yang juga Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan.

Melalui rapat tersebut, disampaikan seluruh perolehan suara calon legislatif, termasuk perolehan suara beberapa nama besar mulai dari petahana, elite partai politik, hingga musisi.


Baca juga: Perang Bintang di Dapil Yogyakarta, dari Petahana hingga Penyanyi

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga putra Amien Rais, Hanafi Rais, mendapat suara tertinggi kedua, yaitu 171.316 suara.

Perolehan suara Hanafi berhasil dikalahkan oleh petahana PDI Perjuangan, My Esti Wijayanti yang mendapat suara 176.306.

Urutan ketiga juga diraih oleh petahana PDI Perjuangan yang juga mantan Bupati Bantul dua periode, Idham Samawi. Idham mendapatkan 158.425 suara.

Sementara itu, putra mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn.) Djoko Santoso, Andika Pandu Puragabaya, meraih 69.925 suara. Ia maju melalui Partai Gerindra dan diprediksi lolos ke Senayan.

Baca juga: Perang Bintang Bakal Caleg Jatim, dari Artis sampai Jurnalis

Politikus Partai Demokrat Roy Suryo mendapat suara 24.415. Roy diprediksi gagal melaju ke Senayan.

Perolehan suara Roy Suryo sedikit di bawah perolehan suara politikus Partai Berkarya, Titiek Soeharto. Titiek mendapat 26.159 suara, dan juga diprediksi tak lolos ke DPR RI.

Suara Titiek dan Roy masih kalah jika dibandingkan musisi pelantun lagu "Yogyakarta", Katon Bagaskara. Meskipun diprediksi tak lolos parlemen, Katon mendapatkan 46.985 suara.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X