KIP: Situng KPU Seharusnya Dapat Membangun Kepercayaan Publik

Kompas.com - 26/04/2019, 14:23 WIB
KIP Datangi kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019) Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKIP Datangi kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Informasi Pusat (KIP) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jumat (26/4/2019) siang. KIP datang untuk mengecek server dan sistem IT KPU.

"Kami udah cek server, mengecek tenaga-tenaga yang digunakan," kata Komisioner KIP Romanus Ndau di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Menurut Romanus, KPU punya sistem layanan informasi yang modern dan baik.

KPU menggunakan teknologi terbaru yang memungkinkan masyarakat dapat memantau informasi secara cepat.

Baca juga: Situng KPU Dinilai Berhasil Pancing Partisipasi Publik Kawal Suara

Selain itu, Romanus mengatakan, Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik KPU dibangun dengan teknologi yang baik.

Hal ini seharusnya dapat membangun kepercayaan publik, bukan justru menimbulkan pandangan negatif.

"Saya kira apresiasi yang luar biasa untuk mengatisipasi pandangan-pandangan yang cukup negatif karena kita tahu politik sensitif," ujar Romanus.

Ia juga menilai, KPU cukup responsif dalam menanggapi laporan-laporan publik yang terkait dengan penghitungan suara atau perihal pemilu.

Baca juga: Ini Sejumlah Penyebab di Balik Salah Entry Data Situng KPU

"Mereka sudah tanggap, bagaimana seluruh prasangka, seluruh missinformasi, biasa ditangani KPU. Sekali lagi ini adalah bukti dalam pandangan kami, KPU sangat layak dipercaya," kata Romanus.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya telah mengajak KIP untuk melihat langsung bagaimana KPU bekerja menyediakan informasi untuk publik.

"Hari ini saya mengajak Beliau untuk melihat bagaimana KPU menyediakan informasi itu, apa yang digunakan, siapa yang mengerjakan, dan apakah ini sudah memenuhi standar kelayakan unsur sebuah informasi disampaikan kepada publik," kata Arief.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X