Kalla Pastikan Jokowi Tak Gunakan Alat Bantu Komunikasi Saat Debat

Kompas.com - 19/02/2019, 21:54 WIB
Calon presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) bersama Dewan Pengarah Jenggala Center Jusuf Kalla memberikan keterangan pers seusai menghadiri Rapat Konsolidasi Nasional Jenggala Center di Jakarta, Minggu (3/2/2019). Kegiatan tersebut untuk menyatukan langkah Jenggala Center dalam pemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Maruf Amin dalam Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww. SIGID KURNIAWANCalon presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) bersama Dewan Pengarah Jenggala Center Jusuf Kalla memberikan keterangan pers seusai menghadiri Rapat Konsolidasi Nasional Jenggala Center di Jakarta, Minggu (3/2/2019). Kegiatan tersebut untuk menyatukan langkah Jenggala Center dalam pemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Maruf Amin dalam Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan capres petahana Joko Widodo tak menggunakan alat komunikasi saat debat.

Hal itu disampaikan Kalla menanggapi tudingan bahwa Jokowi menggunakan alat komunikasi saat debat kedua.

Menurut dia, dari kamera terlihat jelas bahwa di telinga Jokowi tak ada alat komunikasi apa pun yang dipasang untuk membantunya.

Ia pun menyarankan semua pihak melihat kembali rekaman video debat.

Baca juga: Tudingan Alat Bantu Komunikasi Jokowi saat Debat Kedua

Ia meyakini alat tersebut akan benar-benar terlihat jika memang dipasangkan ke Jokowi sebab tak bisa disembunyikan.

"Itu earphone itu yang biasa dipakai penyanyi-penyanyi kan. Kan kelihatan itu telinganya, tidak bisa disembunyikan. Mana lihatlah telinganya (Jokowi), kan enggak ada," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Sebelumnya, di media sosial beredar isu bahwa Jokowi menggunakan earphone Bluetooth kecil di telinganya.

Beredar pula gambar saat Jokowi menggenggam pulpen yang diduga sebagai alat untuk mengontrol komunikasi lewat earphone Bluetooth itu.

Baca juga: KPU Pastikan Kedua Capres Tak Pakai Alat Bantu Komunikasi Selama Debat

Jokowi membantah spekulasi tersebut. Ia lantas menunjukkan pulpen yang digunakannya dalam debat kedua kepada awak media.

Jokowi memastikan bahwa pulpen yang dibawa ke panggung debat adalah pulpen asli.

"Ah ada-ada saja. Itu fitnah. Fitnah seperti itu jangan diterus-terusin," kata calon presiden petahana ini di sela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

"Ini pulpennya. Ya cek aja. Jadi enggak usah buat isu-isu yang fitnah begitulah," kata Jokowi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X