Kalau PAN Dukung Prabowo, Hasil Rakernas Sebelumnya Harus Dicabut

Kompas.com - 09/08/2018, 17:15 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membuka Rakernas PAN dalam rangka penentuan arah koalisi di Pilpres 2019Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membuka Rakernas PAN dalam rangka penentuan arah koalisi di Pilpres 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional ( PAN) masih melakukan rapat kerja nasional (Rakernas) edisi keempat untuk menentukan arah dukungan dalam Pilpres 2019.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan mayoritas kadernya menghendaki agar mereka mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, keputusan final belum ditetapkan.

Baca juga: Datangi Kertanegara, Hanafi Rais Sampaikan Keputusan PAN Dukung Prabowo-Abdul Somad

Jika nantinya PAN sepakat untuk mendukung Prabowo, Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap mengatakan ada mekanisme yang perlu dilakukan.

"Kalau kita sepakat nanti (dukungan) ke Pak Prabowo, harus ada keputusan yang mencabut hasil Rakernas ketiga, di Bandung, tentang pencalonan Pak Zulkifli Hasan," ucap Mulfachri di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap saat Rakernas PAN di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/8/2018). KOMPAS.com/Devina Halim Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap saat Rakernas PAN di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

 

"Kemudian, mengalihkan pencalonan dan dukungan itu kepada Pak Prabowo," imbuhnya.

Baca juga: Kader PAN Masih Berharap Prabowo Pilih Zulkifli Hasan sebagai Cawapres

Dalam Rakernas ini, mereka juga akan membicarakan terkait cawapres pendamping capres yang mereka dukung.

Para kader PAN masih mengharapkan Prabowo dapat mengabulkan keinginan mereka untuk memilih Zulkifli sebagai pasangannya.

"Sekali lagi, kami berharap forum Rakernas ini bisa membuat keputusan mendukung Pak Prabowo," kata dia.

Baca juga: Zulkifli Hasan: Mayoritas Menghendaki PAN Mendukung Prabowo

"Dan meminta Pak Prabowo untuk bisa mengakomodir Pak Zulkifli Hasan sebagai pendamping dalam Pilpres 2019," tambahnya lagi.

Mulfachri berharap Rakernas ini dapat menghasilkan keputusan yang bulat. Targetnya, kesepakatan dihasilkan pada petang hari ini atau selambat-lambatnya besok.

Kompas TV Penundaaan disebabkan karena permintaan dari beberapa ketua wilayah di sejumlah provinsi.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X