Kompas.com - 17/07/2018, 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Okky Asokawati dikabarkan maju kembali sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019. Namun, Okky maju sebagai caleg dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Ketika dikonfirmasi soal ini, Sekjen PPP Arsul Sani menyebut, Okky tidak lagi mengajukan diri sebagai caleg dari PPP. Namun, pihaknya belum mengetahui alasan Okky pindah partai.

"Kabar yang kami terima adalah Okky Asokawati pindah dan menjadi caleg dari Nasdem. Sampai saat ini kami tidak tahu apa masalah Okky Asokawati sehingga pindah partai," kata Arsul ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (17/7/2018).

Arsul menuturkan, Okky belum secara pribadi bertemu dan pamit dengan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan dirinya sebagai Sekjen PPP. Okky pun disebut belum secara tertulis mengajukan pengunduran dirinya sebagai anggota Fraksi PPP DPR RI.

"Yang ingin saya tegaskan sampai dengan saat ini Okky Asokawati belum menyatakan tertulis mundur sebagai anggota DPR Fraksi PPP," ungkap Arsul.

Baca juga10 Artis Daftar Jadi Caleg Nasdem di Jawa Barat, Farhan hingga Olla Ramlan

Menurut dia, seharusnya Okky mengajukan pengunduran dirinya secara resmi dari PPP apabila ingin pindah partai. Hal ini pun sama halnya dengan etika di tempat kerja lainnya.

"Etika di tempat kerjapun kalau kita mundur atau pindah kerja mesti bertemu untuk pamit baik-baik," sebut Arsul.

Kompas.com telah berusaha menghubungi Okky untuk mengonfirmasi hal ini. Akan tetapi, hingga berita ini ditayangkan, Okky belum memberikan komentarnya.

Sebelumnya, sejumlah publik figur mendaftarkan diri sebagai calon legislatif DPR RI melalui Partai Nasdem. Beberapa di antaranya Nafa Urbach, Tessa Kaunang, Kristina, Manohara Odelia Pinot, dan Okky Asokawati.

"Saya tidak hapal ada beberapa puluh. Ada Okky Asokawati, Manohara Pinot, Kristina, banyak sekali," ujar Sekjen DPP Partai Nasdem Johnny G Plate.

Baca jugaDaftar Caleg Hari Ini atau Hanya Jadi Penonton dalam Pileg 2019

Okky sendiri saat ini menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi PPP. Ia pertama kali terjun ke dunia politik pada tahun 2009.

Kala itu, mantan peragawati ini terpilih menjadi anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PPP periode 2009-2014. Pada Pemilu 2014, ia maju kembali sebagai caleg DPR RI dari PPP Dapil DKI Jakarta II dan terpilih lagi.

Kompas TV Tiga hari menjelang penutupan pendaftaran calon legislatif masih belum ada partai politik yang mendaftarkan calon legislatifnya ke KPU.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.