Jokowi Minta Koperasi Manfaatkan Medsos hingga E-commerce - Kompas.com

Jokowi Minta Koperasi Manfaatkan Medsos hingga E-commerce

Kompas.com - 12/07/2018, 11:27 WIB
Presiden Jokowi meninjau pameran Indolive Stockdi JCC, Senayan, Jumat (6/7/2018). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Jokowi meninjau pameran Indolive Stockdi JCC, Senayan, Jumat (6/7/2018).

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta koperasi untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan usahanya. Dengan begitu, koperasi di Indonesia tidak tertinggal oleh zaman.

"Saya kira di awal enggak harus dengan yang canggih-canggih, mulai dulu dengan semua anggota koperasi harus pintar pakai WA (WhatsApp)," kata Jokowi dalam acara Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 Tahun 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (12/7/2018).

Baca juga: Nurdin Halid: Kami Insan Koperasi Siap Menangkan Jokowi

Setelah itu, Jokowi juga meminta masing-masing koperasi untuk membuat laman di media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

Ia juga meminta para insan koperasi untuk mempelajari cara membuat konten yang menarik di medsos.

"Kalau enggak ya percuma. Engggak bakal ada yang like, enggak ada yang bakal mem-follow," kata Kepala Negara yang juga aktif di berbagai platform medsos ini.

Baca juga: Surat dari Anak Muda untuk Menteri Koperasi...

Terakhir, Jokowi juga meminta koperasi berjualan lewat aplikasi belanja online seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak.

"Atau membuat online store sendiri karena anak-anak muda sekarang semuanya ada di situ," kata Jokowi.

Jokowi meyakini, dengan memanfaatkan teknologi digital, maka bisnis yang dilakukan koperasi akan terus berkembang pesat. Sebab, koperasi bisa menjangkau seluruh masyarakat tanpa terhambat dengan batasan jarak.

Baca juga: Susi Dorong Koperasi dan UMKM Perikanan Dibentuk di Papua

"Dengan internet, sudah tidak ada lagi yang namanya jarak mau 1000 meter mau 1000 km rasanya komunikasi dan interaksi sudah sama-sama mudahnya sama-sama gampangnya," ucap Jokowi.

Kompas TV Dalam sambutannya, presiden menegaskan, perbedaan dan keragaman bukan penghalang untuk hidup saling menghormati.


Komentar

Close Ads X