Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Klaim Deddy Mizwar Tetap Pilih Syaikhu sebagai Cawagub

Kompas.com - 06/11/2017, 13:51 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengklaim bahwa Deddy Mizwar memastikan akan berpasangan dengan Ahmad Syaikhu pada Pilkada Jawa Barat 2018.

Menurut Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid, penegasan itu disampaikan Deddy saat hadir dalam sesi bimbingan teknis PKS di Jawa Barat.

Deddy, kata Hidayat, menyampaikan beberapa alasan mengapa dirinya memilih Syaikhu.

Baca: Hasil Survei Salip Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi Bilang "Sakitu Ge Uyuhan"

Salah satunya, Deddy merasa tak terlalu menguasai angka-angka terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Soal ini, bisa dilengkapi oleh sosok Syaikhu.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/10/2017).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/10/2017).
"Beliau mendapatkan keahlian itu pada Pak Syaikhu yang memang latar belakangnya adalah seorang akuntan. Beliau tamatan STAN, pernah juga di BPKP. Jadi beliau menguasai angka-angka. Beliau (Deddy) mengatakan Pak Syaikhu melengkapi Beliau," ujar Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/11/2017).

Selain itu, lanjut dia, Syaikhu dinilai sudah memiliki pengalaman di bidang birokrasi. Selain tengah menjabat Wakil Wali Kota Bekasi, Syaikhu juga pernah menjabat Ketua Fraksi PKS di DPRD Jabar.

Baca juga : Survei: Elektabilitas Dedi Mulyadi Salip Deddy Mizwar di Pilkada Jabar

"Beliau orang yang sangat agamis bahkan hafidz. Bisa mengingatkan Pak Deddy Mizwar kalau bBeliau ada lupa dan juga bisa melakukan pendekatan dengan masyarakat dengan lebih efektif," papar Hidayat. 

Hidayat berharap, dalam waktu dekat pasangan tersebut bisa dideklarasikan.

PKS sangat terbuka jika ada partai-partai lain yang mau bergabung di luar koalisi Gerindra, PKS, dan PAN.

"Dari sisi kami, firm ya dan apa yang dilakukan Pak Deddy Mizwar datang ke (Bimtek) PKS dan mendeklarasikan hal itu semakin mengokohkan," kata dia.

Kompas TV Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengeluarkan hasil survei pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com