Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2017, 17:34 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah berbicara dengan pemerintah Bangladesh untuk ikut menyelesaikan persoalan krisis kemanusiaan yang terjadi di Rakhine State, Myanmar.

Tak sedikit etnis Rohingya yang jatuh menjadi korban imbas bentrokan bersenjata antara tentara Myanmar dan militan Rohingya yang eskalasinya terus meningkat beberapa waktu ini.

"Saya untuk kesekian kalinya berbicara dengan Menlu Bangladesh. Bangladesh mengapresiasi respons aktif yang dilakukan Indonesia," kata Retno di kantornya, Jakarta, Minggu (3/9/2017).

Dalam pembicaraan tersebut, Indonesia telah menawarkan kepada Bangladesh bantuan apa yang bisa diberikan. Apalagi, krisis tersebut juga membuat ribuan muslim Rohingya khawatir dan melarikan diri ke perbatasan Bangladesh.

"Mengenai bentuk bantuannya, akan kita diskusikan lebih lanjut," kata dia.

Tawaran bantuan itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang ingin menuntaskan masalah krisis kemanusiaan yang bertahun-tahun tak kunjung selesai tersebut.

(Baca Alasan Mengapa Pemerintah Perlu Intervensi Myanmar soal Rohingya)

Retno menyebutkan, Presiden Jokowi meminta kepadanya untuk menanyakan apa yang paling diperlukan oleh Bangladesh saat ini untuk membantu pengungsi yang masuk ke wilayah Bangladesh.

Jika memungkinkan, Retno akan segera berkunjung ke Bangladesh membahas persoalan ini. Ia menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen menyelesaikan masalah Rohingya dari hulu hingga hilir.

"Kalau kita bicara krisis kemanusiaan, menyangkut manusia, manusia itulah yang harus kita tolong," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.