Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2015, 03:01 WIB
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Kaisar Jepang Akihito dalam lawatannya ke Negeri Sakura itu. Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Minggu (22/3/2015) pukul 21.49 waktu setempat.

Keesokan harinya, Presiden Jokowi dijadwalkan menuju Istana Kaisar Jepang dan melakukan kunjungan kehormatan. Pada kesempatan itu, Presiden diagendakan akan makan siang dengan Kaisar, sekaligus meninjau kompleks Istana Kaisar.

Sore harinya, Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang sekaligus penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

Pada Selasa (24/3/2015), Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pembicaraan informal dengan Jetro dan collective courtesy call para pengusaha Jepang. Selanjutnya, ada pula agenda business forum dan makan siang dengan Chairman Keidanren dan Chairman Kadin Jepang. One on one meeting juga dijadwalkan bersama Suzuki, J-Power, IHI Corporation, JX NEO, dan JBIC serta pertemuan dengan masyarakat.

Presiden Jokowi dan rombongan pada Rabu (25/3/2015) dijadwalkan untuk menghadiri acara di kantor perusahaan Toyota di Nagoya dengan menggunakan kereta supercepat Shinkansen Nozomi 311.

Pada sore harinya, Presiden dan rombongan bertolak menuju Beijing untuk kunjungan ke Tiongkok pada 25-27 Maret 2015.

Dalam kunjungan ke Jepang, Jokowi didampingi sejumlah menteri dan pejabat, yakni Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menlu Retno Marsudi, Menhan Ryamizard Ryacudu, Mendag Rachmat Gobel, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kepala BKPM Franky Sibarani, Plt Kepala Sekretariat Presiden Djarot Sri Sulistyo, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, serta Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu/KPN Ahmad Rusdi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.