Andrinof Paparkan Penggunaan Dana Revolusi Mental Rp 149 Miliar

Kompas.com - 20/02/2015, 16:45 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniago. Arimbi Ramadhiani/KOMPAS.comMenteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniago.
Penulis Icha Rastika
|
EditorBayu Galih

BOGOR, KOMPAS.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengatakan, anggaran revolusi mental Rp 149 miliar yang sudah disetujui pemerintah akan digunakan untuk mengubah perilaku masyarakat. Anggaran tersebut nantinya lebih banyak digunakan untuk kampanye perubahan perilaku.

"Revolusi mental kan ubah perilaku, bikin orang sadar. Nah, bagaimana kampanye menyadarkannya supaya mengubah perilaku," kata Andrinof di Istana Bogor, Jumat (20/2/2015).

Lebih nyatanya, menurut Andrinof, anggaran revolusi mental tersebut akan disalurkan untuk program-program seperti sosialisasi berupa pengadaan iklan, film, atau dialog publik. Kampanye atau sosialisasi juga bisa dilakukan melalui tokoh-tokoh agama.

"Bisa menyuruh para tokoh agama untuk lebih banyak bicara tentang perubahan perilaku. Banyak itu yang bisa dibikin programnya," ujar dia.

Pengelolaan dana ini berada di bawah Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan yang dipimpin Puan Maharani. Untuk pelaksanaannya, menurut Andrinof, anggaran ini akan dibagikan kepada kementerian-kementerian terkait, seperti Kementerian Sosial, Kementerian Agama, atau kementerian lainnya yang berkaitan dengan pendidikan.

Sebelumnya, Badan Anggaran DPR menyetujui tambahan anggaran sebesar Rp 149 untuk Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan dalam RAPBN-Perubahan 2015. Meskipun sudah disetujui DPR, rincian mengenai alokasi dana revolusi mental tersebut belum dipaparkan.

Dalam rapat dengar pendapat bersama Banggar DPR, Selasa (10/2/2015), Puan hanya mengatakan anggaran tersebut untuk program revolusi mental. Kemenko PMK, kata Puan, punya program yang disesuaikan dengan rencana kerja kabinet Presiden Joko Widodo. Ia juga mengatakan program revolusi mental akan disertakan dalam program komunikasi publik. (Baca juga: Ini Penjelasan Menteri Puan atas Tambahan Rp 149 Miliar untuk "Revolusi Mental")

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X