Purnomo Yusgiantoro Akui Foto dengan Bunda Puteri

Kompas.com - 16/10/2013, 09:44 WIB
Foto Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan perempuan yang disebut-sebut sebagai Bunda Putri beredar di Twitter sejak 13 Oktober 2013. dok.@GAHMI_INDONESIAFoto Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan perempuan yang disebut-sebut sebagai Bunda Putri beredar di Twitter sejak 13 Oktober 2013.
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS — Seberapa besar peran Bunda Puteri di lingkungan Istana makin terkuak. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, foto yang beredar di internet benar adanya. Foto itu diambil saat Purnomo menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, 8-10 tahun yang lalu.

Hal itu disampaikan Purnomo kepada Kompas di sela-sela acara HUT Ke-3 Indonesia Maritime Institute yang bertema ”Pemimpin Bervisi Maritim Solusi Kejayaan Indonesia”, di Balai Kartini, Senin (14/10)/2013.

Foto bersama itu saat Purnomo bertemu dengan pendiri Petronas, Tan Sri Azizan. Lokasi dan waktu tepatnya peristiwa itu Purnomo sudah lupa. Di dalam foto itu berdiri empat orang menatap ke depan. Bunda Puteri alias Saputri paling kiri; kemudian pendiri Petronas, Tan Sri Azizan, yang memegang suvenir twin tower Petronas; lalu Purnomo Yusgiantoro; dan seorang pria yang seingat Purnomo juga dari Petronas.

Namun, Purnomo mengatakan, ia tidak mengenal khusus Saputri. Ia juga tidak pernah diperkenalkan khusus. Saat itu, Saputri bagian dari rombongan Petronas.

”Dia dibilang sebagai wakil Petronas di Indonesia atau semacam itu,” kata Purnomo.


Siapa sebenarnya Bunda Puteri, Purnomo mengatakan tidak tahu-menahu. Ia hanya bertemu dengan Saputri dalam rangka urusan Petronas.

”Saya tidak pernah bertemu lagi. Dia juga tidak pernah muncul sebagai orang migas perusahaan lain,” kata Purnomo.

Sosok Bunda Puteri muncul dalam rekaman percakapan telepon antara Ridwan Hakim, anak Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hilmi Aminuddin; dan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Bunda Puteri kembali disebut Luthfi saat bersaksi dalam persidangan untuk terdakwa Ahmad Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (10/10). Luthfi bahkan menyebut Bunda Puteri sebagai orang dekat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan kerap membawa dan menyampaikan pesan SBY.

SBY pun langsung membantah keras kesaksian Luthfi itu dan menyatakan Luthfi 2.000 persen bohong. Pada konferensi pers di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Kamis malam, SBY pun menyatakan belum memiliki data lengkap Bunda Puteri dan dalam 1-2 hari akan mendapatkannya.

Pengakuan kerabat

Pengakuan seorang kerabat Bunda Puteri di Desa Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang enggan namanya disebutkan, Bunda Puteri memang banyak mengenal pejabat negara dan petinggi partai.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X