Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Jangan Ada Lagi Pasien Meninggal karena Ditolak Rumah Sakit

Kompas.com - 04/07/2013, 13:04 WIB
Sandro Gatra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
— Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta seluruh rumah sakit agar memberi perhatian besar kepada pelayanan kesehatan yang berkualitas, terutama untuk masyarakat miskin. Rumah sakit diminta menghargai hak-hak pasien.

Secara khusus, Presiden meminta rumah sakit memberikan pelayanan yang cepat kepada pasien kritis tanpa harus melalui prosedur administrasi yang berbelit. Dengan demikian, nyawa pasien dapat diselamatkan.

"Kita tidak ingin mendengar lagi ada kasus pasien yang meninggal dunia akibat ditolak kehadirannya di rumah sakit tertentu dengan berbagai alasan yang lebih prosedural," kata Presiden saat peresmian unit pelayanan terpadu kesehatan mata RSCM Kirana di Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Presiden mengatakan, pemerintah sudah memberikan perhatian besar bagi kualitas pelayanan kesehatan. Pemerintah telah menjalankan reformasi di bidang kesehatan untuk mengubah paradigma masyarakat dari berobat gratis menjadi sehat secara gratis.

Akses kesehatan bagi rakyat miskin melalui Jamkesmas dan program keluarga harapan, kata Presiden, juga telah menyentuh lapisan masyarakat paling bawah. Sejak Indonesia merdeka, lanjutnya, Jamkesmas paling banyak memberikan jaminan kesehatan.

Presiden juga mengajak semua pihak untuk menggalakkan kampanye nasional menjaga kesehatan lahir dan batin.

"Dengan kesehatan lahir, kita dapat jalankan kehidupan dengan semangat, enerjik, produktif. Dengan sehat secara batin, kita dapat jalani kehidupan dengan aman, tenteram, damai," ujar Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com