Kompas.com - 28/06/2013, 16:49 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Sefti Sanustika, istri terdakwa kasus dugaan korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi, Ahmad Fathanah, mengaku tidak mengenal Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi. Hal ini diungkapkan Sefti seusai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi selama lebih kurang dua jam sebagai saksi kasus impor daging sapi, Jumat (28/6/2013).

“Saya kan enggak kenal dengan Ibu Elizabeth, saya hanya melengkapi berkas yang kemarin saja,” kata Sefti saat meninggalkan Gedung KPK.

Sefti juga mengaku tidak tahu ihwal pertemuan di Medan antara Maria dan Menteri Pertanian Suswono, yang difasilitasi mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq dengan dibantu Fathanah.

“Enggak, enggak tahu,” ujar Sefti.

Istri keempat Fathanah ini juga mengaku tidak pernah mendampingi suaminya untuk bertemu dengan pejabat Kementerian Pertanian dalam rangka mengurus proyek daging sapi.

KPK memeriksa Sefti sebagai saksi karena dianggap tahu seputar kasus kuota impor daging sapi. Tersangka Maria Elizabeth Liman adalah pihak yang diduga memberikan uang kepada Fathanah dan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq.

Kini, Fathanah dan Luthfi berstatus sebagai terdakwa yang menjalani proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Nama Sefti juga disebut dalam surat dakwaan Luthfi. Menurut dakwaan, Sefti dan Nurhasan menyerahkan uang dari Fathanah untuk Luthfi di SPBU Pertamina Pancoran, Jakarta Selatan, sekitar 27 Oktober 2012. Uang senilai Rp 200 juta tersebut dikemas dalam sebuah tas dan dipergunakan Luthfi untuk membayar hewan kurban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.