JK dan Yusril Ikut Pertemuan Bahas Bendera Aceh

Kompas.com - 30/03/2013, 01:32 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui ikut serta membahas mengenai bendera yang akan digunakan di Aceh bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat Aceh. Pertemuan tersebut, kata Kalla, juga dihadiri Yusril Ihza Mahendra dan beberapa tokoh nasional lainnya.

Pertemuan tersebut digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada 11 November 2012. Tokoh nasional yang datang, tutur Kalla, dimintai pendapat mengenai bendera yang cocok untuk masyarakat Aceh.

"Iya, waktu itu disarankan Yusril, agar lebih mempersatukan seluruh masyarakat Aceh untuk membuat bendera yang memberikan nuansa masa kejayaan Aceh," kata Kalla di sela-sela acara HUT keenam Baitul Muslimin Indonesia di Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2013).

Saat itu, kata dia, disepakati bahwa bendera yang nantinya digunakan, sesuai dengan saran Yusril, yakni bendera yang memiliki gambar bulan bintang dengan latar belakang warna merah, tetapi ada tambahan gambar pedang.

Namun, apa yang disepakati ternyata berbeda dengan yang disepakati oleh DPRD Aceh. Kini yang berkibar di negeri "Serambi Mekah" tersebut adalah bendera GAM.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X