"Black Box" Merpati Dibawa ke Jakarta

Kompas.com - 09/05/2011, 21:40 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Sarjono Johny Citrokusumo mengatakan, black box (kotak hitam) pesawat Merpati jenis MA-60 dengan nomor penerbangan MZ-8968 tujuan Sorong-Kaimana-Biak, yang jatuh di perairan dekat Bandara Kaimana, Sabtu (7/5/2011), akan dibawa langsung ke Jakarta. Namun, ia belum dapat memastikan ke negara mana black box tersebut akan dianalisis.

"Kami belum tahu akan dikirim ke mana sebab setahu saya saat ini hanya ada empat negara yang mempunyai alat untuk membaca black box itu. Empat negara itu adalah AS, Singapura, Australia, dan China," kata Sarjono dalam konferensi pers di Gedung Basarnas, Jakarta, Senin (9/5/2011).

Sarjono mengharapkan agar ke negara mana pun black box tersebut dikirim tidak dijadikan polemik saat ini. Menurut dia, yang lebih penting saat ini adalah mengembangkan penyelidikan dengan menganalisis flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR) yang terdapat dalam black box tersebut agar penyebab jatuhnya pesawat cepat terungkap.

"Khusus untuk CVR-nya, MMF (Merpati Maintenance Facility) di Surabaya, bisa untuk membaca," terangnya.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X