Salin Artikel

Sandiaga: Kondisi Kabinet Saat Ini Sangat Kondusif dan Solid

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, saat ini kondisi Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo sangat kondusif.

Menurutnya para menteri sudah bisa memisahkan antara tugas-tugas negara dengan sikap politik maupun kegiatan kampanye.

"(Kondisi kabinet) Bagus banget. Kemarin saya baru bertemu dengan (para menteri), karena kita bisa memisahkan tugas ya, jadi saat kita ada di kabinet kita bekerja dan kita memberikan yang terbaik sesuai dengan sumpah yang kita ucapkan untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara," ujar Sandiaga di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (27/1/2024).

"Karena kita adalah pembantu Presiden. Per hari ini, kondisi kabinet sangat kondusif dan solid. Dan jika ada paslon yang mengambil suatu (keputusan), misal seperti Pak Mahfud atau mundur, tentunya akan difasilitasi dengan baik-baik," lanjutnya.

Sandiaga menuturkan, masa kerja kabinet Presiden Jokowi hanya tinggal sembilan bulan ke depan.

Para menteri pun terus bekerja menyelesaikan berbagai tugas pemerintahan.

"Jadi saya melihat, dari pengamatan saya, kabinet terus bekerja, solid di bawah Bapak Presiden. Dan kita berharap, kita tinggal punya sembilan bulan lagi sampai Oktober, kita lakukan kerja-kerja yang konkret yang memberikan manfaat bagi masyarakat," tegas Sandiaga.

Sebelumnya diberitakan, sempat beredar kabar soal mundurnya beberapa menteri.

Informasi itu datang dari ekonom senior Faisal Basri. Dalam penjelasannya, Faisal menyerukan agar menteri-menteri mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo.

Hal itu menyusul ungkapan kekecewaan terhadap kebijakan Pemerintahan Presiden Jokowi yang dianggap tidak netral pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam seruan itu, Faisal menyebut sejumlah nama seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, baru-baru ini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan akan mundur dari kabinet di waktu yang tepat.

Namun, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut Mahfud MD hingga Jumat (26/1/2024) belum menyerahkan surat pengunduran diri.

"Sampai saat ini, kami belum menerima surat pengunduran diri Prof Mahfud MD sebagai Menkopolhukam," ujar Pratikno saat dikonfirmasi wartawan.

Adapun informasi soal Mahfud yang akan menyampaikan surat pengunduran diri beredar di kalangan wartawan pada Jumat pagi.

Informasi menyebutkan Mahfud pada Jumat siang sedang dalam perjalanan menghadap Mensesneg Pratikno untuk menyerahkan surat mundur.

https://nasional.kompas.com/read/2024/01/27/14071151/sandiaga-kondisi-kabinet-saat-ini-sangat-kondusif-dan-solid

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke