Salin Artikel

Ditanya Soal Aktivitas Setelah Tak Jadi Presiden, Jokowi: Jadi Rakyat Biasa, Kembali ke Solo

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan soal apa yang akan dilakukannya jika masa jabatannya usai pada Oktober 2024.

Hal itu disampaikan Presiden saat menjawab pertanyaan wartawan usai mengunjungi Pasar Tradisional Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (2/1/2024).

"Ya jadi rakyat biasa, hehehe....Kembali ke Solo, jadi rakyat biasa," ujar Jokowi dilansir tayangan YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa.

Wartawan kemudian kembali bertanya soal isu dirinya akan menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) selepas menjabat sebagai Presiden.

Mendengar hal itu, Kepala Negara tersenyum dan kembali menegaskan bahwa dirinya akan kembali ke Solo setelah masa jabatan sebagai Presiden selesai.

"Kembali ke Solo, jadi rakyat biasa. Sudah," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah mengisyaratkan akan mundur dari panggung politik setelah jabatannya berakhir pada 2024 ini.

Jokowi juga mengaku tidak tertarik menjadi Ketua Umum PDI-P menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menanggapi usulan putra presiden pertama RI Soekarno sekaligus kakak Megawati, Guntur Soekarnoputra.

Dalam pandangannya, masih banyak yang bisa menjadi kandidat ketua umum PDI-P, termasuk dari generasi muda.

"Saya mau setelah pensiun pulang ke Solo," kata Jokowi seusai upacara peringatan HUT TNI di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta pada 5 Oktober 2023 lalu.

https://nasional.kompas.com/read/2024/01/02/09244741/ditanya-soal-aktivitas-setelah-tak-jadi-presiden-jokowi-jadi-rakyat-biasa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke