Salin Artikel

Bicara Tantangan Geopolitik, AHY: Kita Butuh Pemimpin Pemersatu

Menurut AHY, Indonesia ke depan akan menghadapi berbagai tantangan, di antaranya tantangan geopolitik, pertahanan-keamanan, hingga krisis iklim dan lingkungan.

Melihat tantangan tersebut, AHY menyebut Indonesia ke depan membutuhkan sosok pemimpin yang dapat mempersatukan semua identitas masyarakat.

"Menghadapi tantangan itu, dan mengubahnya menjadi peluang kita harus bersatu. Untuk itu, kita membutuhkan pemimpin pemersatu yang mampumengayomi semua identitas apa pun suku, agama, ras, dan etinisitasnya," ujar AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat Tahun 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (21/9/2023) malam.

Selain itu, AHY juga berharap pemimpin Indonesia ke depan adalah sosok yang dapat merangkul semula golongan dan generasi masyarakat.

"Pemimpin yang berdiri di atas visi kebangsaan yang moderat, tengah, dan berlandaskan azas nasionalis religius," tegas AHY.

AHY mengatakan, semua pihak memiliki mimpi yang sama, yakni mewujudkan "Indonesia Emas 2045".

Untuk mewujudkannya, AHY menambahkan, semua pihak harus mampu mendayagunakan seluruh sumber daya bangsa, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

"Utamanya kita harus mampu membangun kapasitas, integritas, dan kepercayaan diri 270 juta manusia Indonesia untuk menyongsong berbagai peluang dan tantangan di abad 21 ini," pungkas AHY.

https://nasional.kompas.com/read/2023/09/21/19574611/bicara-tantangan-geopolitik-ahy-kita-butuh-pemimpin-pemersatu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke