Salin Artikel

Cak Imin Klarifikasi soal Janji Subsidi BBM Gratis Jika Menang Pilpres

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Umum (Ketum) PKB sekaligus bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengklarifikasi soal janji subsidi BBM gratis jika dirinya menang pada pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024.

“Oh iya itu disalahpahami ya, bahwa subsidi transportasi tidak boleh dihentikan, terutama akses kepada pekerjaan,” kata Cak Imin setelah acara Halaqoh Para Ajengan dan Habaib, di Soreang, Bandung, Jumat (15/9/2023).

Cak Imin menjelaskan maksudnya bahwa subsidi tidak boleh dihilangkan, khususnya subsidi terhadap para orang yang benar-benar membutuhkan subsidi.

"Terutama akses kepada pekerjaan jadi kalau rakyat yang bekerja di level paling bawah tidak bisa keluar rumah dan tidak mendapatkan transportasi publik yang memadai bisa menggunakan motor dengan subsidi BBM khusus," ujarnya.

Oleh karenanya, Cak Imin mengatakan subsidi BBM yang dijanjikannya adalah subsidi BBM khusus, bukan gratis.

"Jadi bukan nol rupiah ndak mungkin. Itu difokuskan kepada akses pekerjaan bagi kaum lemah untuk bisa keluar rumah dan bekerja," tuturnya.

Diketahui, janji soal subsidi BBM itu disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda dalam video.

Video yang memperlihatkan Huda sedang menyampaikan hal itu beredar di berbagai lini media sosial pada Kamis (7/9/2023) lalu.

Syaiful juga menjanjikan pemerintah bakal memberikan BBM gratis jika Cak Imin dan PKB menang dalam Pilpres dan pemilihan legislatif 2024.

"Kalau Gus Muhaimin dan PKB menang, semua yang memiliki sepeda motor akan mendapatkan subsidi BBM secara gratis, tanpa biaya. Siapa di sini yang memiliki sepeda motor? PKB menang, Gus Muhaimin menjadi wapres, maka BBM akan disubsidi dengan harga serendah mungkin," ujar Syaiful.

https://nasional.kompas.com/read/2023/09/15/20133931/cak-imin-klarifikasi-soal-janji-subsidi-bbm-gratis-jika-menang-pilpres

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke