Salin Artikel

Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U-20, Jokowi: Jangan Habiskan Energi untuk Saling Menyalahkan

Jokowi memahami bahwa keputusan FIFA tersebut membuat masyarakat Indonesia sedih dan kecewa.

"Saya pun sama, juga merasakan hal itu, kecewa dan sedih, tapi jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain," kata Jokowi dalam keterangan pers, Kamis (30/3/2023) sore.

Jokowi juga mengajak bangsa Indonesia untuk melihat ke depan dan menjadikan peristiwa ini sebagai pembelajaran.

"Jangan melihat ke belakang, jadikan hal ini sebagai pembelajaran berharga bagi kita semuanya, bagi persepakbolaan nasional Indonesia," kata mantan wali kota Solo tersebut.

Jokowi menambahkan, ia juga sudah meminta Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk berusaha maksimal agar sepak bola Indonesia tidak dikenai sanksi.

Jokowi pun berharap Indonesia masih mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah turnamen-turnamen olahraga internasional lainnya di masa depan.

Diberitakan, FIFA resmi mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya digelar pada Mei 2023 mendatang.

Keputusan itu diambil FIFA setelah Presiden Gianni Infantino mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Dalam pernyataan resminya, FIFA akan segera mengumumkan negara pengganti tuan rumah Piala Dunia U20 2023. FIFA juga menyatakan bahwa PSSI bisa dijatuhi sanksi menyusul keputusan ini.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah," imbuh pernyataan tersebut.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," sambung FIFA.

https://nasional.kompas.com/read/2023/03/30/17465971/indonesia-batal-gelar-piala-dunia-u-20-jokowi-jangan-habiskan-energi-untuk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke