Salin Artikel

Satgas: Vaksin Covid-19 yang Ada Masih Efektif Atasi Varian Baru XBB

Reisa menekankan, vaksin Covid-19 masih merupakan hal penting untuk menekan gejala yang timbul dan risiko kematian yang diakibatkannya.

"Terkait varian baru (XBB) ini, WHO menyatakan vaksin yang tersedia masih efektif. Meski berdasarkan studi di China varian XBB ini dapat menghindari antibodi," ujar Reisa dalam keterangan pers secara virtual yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (27/10/2022).

"Yang artinya orang yang pernah terinfeksi varian lain sebelumnya dan yang sudah mendapatkan vaksin lengkap tetap berisiko untuk dapat terinfeksi varian baru ini juga," lanjut dia.

Meski demikian, Reisa menegaskan, vaksin booster tetap akan melindungi dari risiko penyakit yang parah.

Sehingga, vaksin masih merupakan hal yang sangat penting untuk menekan gejala yang timbul dan risiko kematian yang diakibatkannya.

Reisa mengungkapkan, hingga 25 Oktober 2022, diketahui warga yang telah menyelesaikan dosis ketiga atau sudah booster baru mencapai 64,8 juta orang atau sebesar 27,6 persen.

Padahal, WHO menyarankan masyarakat harus booster sebanyak 50 persen dari total jumlah penduduk.

"Sehingga, Indonesia masih harus terus mengejar ketertinggalan. Padahal, yang sudah melengkapi dua dosis suntikan sudah lebih dari 73,2 persen dari total sasaran. Artinya, banyak yang belum melanjutkan untuk melakukan vaksinasi booster," tuturnya.

Sementara itu, perihal ketersediaan vaksin, pemerintah terus berupaya menyediakannya dengan skema pengadaan dan hibah.

Menurut Reisa, ada 5 juta dosis vaksin Pfizer kini tersedia.

Setelah pengujian dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) selesai, vaksin tersebut dapat segera didistribusikan ke semua provinsi.

https://nasional.kompas.com/read/2022/10/27/14153801/satgas-vaksin-covid-19-yang-ada-masih-efektif-atasi-varian-baru-xbb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke