Salin Artikel

7 Provinsi Dihantam Banjir dan Longsor: 10 Warga Tewas, Ribuan Pengungsi, Ratusan Rumah Rusak

Ribuan rumah warga terendam, ratusan rumah rusak, ratusan hektare sawah terendam. Ribuan warga juga harus mengungsi dan kehilangan hewan ternak.

Bahkan, sejumlah dusun dan desa terisolasi, memaksa warga berjalan jauh untuk menjangkau logistik. Tak sedikit pula akses transportasi yang terputus.

Sedikitnya 10 warga tutup usia—3 di Sulawesi Selatan, 1 di Aceh Utara, dan 6 di Bali akibat bencana ini.

Curah hujan yang ekstrem ditambah dengan tutupan hutan yang semakin tipis disinyalir menjadi pemicu banjir dan longsor.

Berikut daftar wilayah yang mengalami banjir dan tanah longsor belakangan ini, dirangkum Kompas.com:

1. Aceh Utara, NAD

Banjir di Aceh Utara terjadi sejak 4 Oktober 2022. Dari mulanya 2 kecamatan, banjir terus meluas hingga merambah puluhan desa di 15 kecamatan per 10 Oktober 2022, yakni Pirak timu, Matang Kuli, Cot Girek, Lhoksukon, Tanah Luas, Samudera, Nisam, Paya Bakong, Muara Batu, Geuredong Pase, Langkahan, Dewantara, Sawang, Banda Baro dan Kuta Makmur.

Laporan Kompas TV per 9 Oktober 2022 menyebutkan, lebih dari 52.000 jiwa terdampak dans sedikitnya 39.000 warga mengungsi dan seorang warga meninggal dunia. Para pengungsi disebut mulai terserang ragam penyakit.

Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Provinsi Aceh menyebutkan, kerusakan lingkungan dan kebijakan tata ruang, khususnya alih fungsi hutan jadi perkebunan dan aktivitas-aktivitas ilegal menjelma penyebab banjir setiap tahun di kabupaten itu.

“Maka semua izin-izin perkebunan di wilayah Aceh Utara harus di evaluasi kembali, terutama bagi kawasan-kawasan yang menyalahi aturan di Hak Guna Usaha (HGU), jangan sampai nantinya merubah fungsi hutan,” ujar Direktur Eksekutif WALHI Aceh, Ahmad Shalihin

2. Malang, Jawa Timur

Banjir menerjang Kabupaten Malang sejak 15 Oktober 2022, berawal dari curah hujan tinggi yang membuat permukaan air Sungai Desa Kedung Benteng naik 4 meter.

Berdasarkan catatan BPBD, banjir melanda 1 desa di Kecamatan Bantur, 2 desa di Kecamatan Gedangan, 3 desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, 1 desa di Kecamatan Donomulyo, dan 1 desa di Kecamatan Pagak. Sedikitnya 898 KK terdampak.

Di sisi lain, longsor terjadi di 8 desa di Kecamatan Ampelgading, 1 desa di Kecamatan Dampit, dan 1 desa di Kecamatan Donomulyo, 1 desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dan 5 desa di Kecamatan Tirtoyudo. Total, 49 KK terdampak longsor,13 hewan ternak tertimbun longsor, dan akses jalan terputus.

Sementara itu, beberapa wilayah diterjang banjir bandang, yaitu 2 desa di Tirtoyudo dan 1 desa di Ampelgading, dengan total KK terdampak mencapai 992 KK.

Bencana ini juga menyebabkan 250 hektar sawah terendam, 1 jembatan di Desa Purwodadi jebol, listrik mati, hingga terganggunya perjalanan kereta api akibat jalur tertimbun longsor.

3. Bali

Banjir di Bali melanda 230 titik di 6 kabupaten dan memakan 6 korban jiwa—beberapa di antaranya terseret arus—dengan kerugian ditaksir lebih dari Rp 6,6 miliar. Kabupaten terdampak banjir meliputi yakni di Kabupaten Karangasem, Jembrana, Tabanan, Bangli, Gianyar, dan Badung, berdasarkan data BPBD.

Khusus di Kabupaten Jembrana, bencana banjir mengakibatkan 45 rumah rusak dan berdampak pada 117 kepala keluarga (KK) di Lingkungan Biluk Poh, Desa Penyabangan, Kecamatan Mendoyo. Banjir juga sempat memutus akses utama jalur Gilimanuk Denpasar.

Banjir juga membuat puluhan turis asing harus dievakuasi dengan perahu karet.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Bali Made Krisna Dinata menyebutkan pembangunan infrastruktur yang mengorbankan hutan serta kurangnya pengendalian banjir lewat sistem drainase menjadi penyebab dominan.

Ia menyoroti rencana pembangunan Terminal LNG di Kawasan Mangrove dan Pesisir Sanur yang akan membabat 14,5 hektare mangrove serta proyek pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi yang mengancam 480,54 hektare persawahan dan menerabas 98 titik subak.

4. Lebak, Banten

Sejumlah sungai meluap pada 9 dan 11 Oktober 2022, mengakibatkan banjir dan tanah longsor yang tersebar di 6 kecamatan di Lebak Selatan.

Sungai yang meluap antara lain Cimadur, Cibareno, Cisiih, Cicantra dan Peucang Pari. Sebaran banjir ada di Kecamatan Bayah, Cibeber, Cilograng, Panggarangan, Cigemblong dan Sajira.

Data BPBD Lebak per 13 Oktober 2022, sedikitnya 655 rumah warga terendam dan124 di antaranya rusak.

Selain rumah, enam jembatan juga dilaporkan putus terseret arus sungai, titik lokasi jembatan putus ada di Bayah, Cilograng, Sajira, Cijaku dan Cibeber.

5. Mamuju dan Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan Kalukuu sejak 11 Oktober 2022, menenggelamkan sedikitnya 2.705 rumah dan berdampak pada 8.004 warga.

Kepala BPBD Mamuju Muhammad Taslim mengatakan, banjir terparah berada di Desa Pammulukang, Kelurahan Sinyonyoi Selatan, dan Kelurahan Sinyonyoi.

"Ada 6 rumah hanyut, 13 rusak berat, dan 2 rumah tertimbun longsor," kata Taslim kepada Kompas.com di Mamuju, Rabu (12/10/2022). Taslim mengatakan, tingginya air banjir disebabkan hujan lebat hingga mengakibatkan Sungai Ranga-ranga dan Sungai Pure meluap ke permukiman warga. Luapan air sungai juga menghanyutkan lebih dari 30 ekor ternak warga.

Per 18 Oktober 2022, sedikitnya 10 dusun di Mamuju dilaporkan masih terisolasi. Minimnya alat berat memaksa warga yang terisolasi turun gunung untuk menjangkau bantuan logistik.

Sementara itu, di Polewali Mandar, sedikitnya 91 KK di Dusun Tanete, Desa Kurak, masih terisolasi akibat tanah longsor.

"Warga yang hendak berbelanja kebutuhan hidup seperti sembako setiap hari terpaksa harus jalan kaki sejauh 5 kilometer lebih. Mereka melintasi medan pegunungan terjal hingga meneroboss muara sungai demi sampai ke kota atau ke pasar untuk berbenja kebutuhan hidup mereka," ungkap Kepala Desa Kurak, Sarif.

6. Luwu dan Enrekang, Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sejak Selasa (18/10/2022) malam. Akibatnya Sungai Bua meluap dan merendam enam desa. Enam desa tersebut yakni Desa Pabbaresseng, Desa Barowa, Desa Raja, Desa Padangkalua, Desa Lengkong dan Desa Puty.

Selain Luwu, Kota Palopo juga mengalami hal serupa. Jembatan Salu Pikung ambles sejak Senin (17/10.2022), menyebabkan lumpuhnya Jalan Trans Sulawesi untuk sementara.

Selain itu, Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Jeneponto dan Gowa juga sebelumnya tertimbun longsor akibat tingginya curah hujan pada Jumat (14/10/2022). Longsor juga menimbun 3 warga yang sedang melintas.

Di Enrekang, hujan deras menyebabkan banjir bandang pada Senin (10/10/2022). Banjir terparah terjadi di Lukku, Kabupaten Lewaja, di mana tanggul sungai jebol dan membuat 2 rumah warga rusak parah. Sedikitnya, 35 jiwa terdampak.

7. Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah

Banjir dan longsor melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (7/10/2022) sore.akibat hujan lebat selama 4 jam lebih

BPBD Banyumas per 7 Oktober 2022 menyampaikan, banjir sedikitnya merendam 7 desa, yaitu Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir, Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon, Desa Kalitapen, Kecamatan Purwojati, Desa Panusupan, Kecamatan Cilongok. Kemudian, di Desa Sawangan, Kecamatan Patikraja serta dua desa di Kecamatan Sumpiuh, yaitu Desa Selandaka dan Kaeanggedang.

Sementara itu, longsor terjadi di 12 desa. Longsor terbanyak terjadi di Kecamatan Cilongok, yaitu Desa Cipete, Desa Karanglo serta dua titik masing-masing di Desa Gununglurah dan Sokawera. Longsor juga terjadi di Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang, Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Desa Kutaliman, Kecamatan Kedungbanteng, Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh, dan Desa Somagede, Kecamatan Somagede.

Banjir dan longsor juga melanda Kabupaten Cilacap, Sabtu (8/10/2022), berdampak pada 15.496 jiwa di 40 desa dan 15 kecamatan. Banjir mulai surut pada Selasa (11/10/2022).

Namun, pada Rabu (12/10/2022), banjir kembali melanda dan merendam 9 desa di 5 kecamatan di sisi timur Cilacap, yakni Maos, Kroya, Sampang, Adipala, dan Nusawungu,

Wilayah terdampak paling parah berada di Kecamatan Kroya dengan jumlah lima desa, yaitu Desa Mujur Lor, Mujur, Gentasari, Kedawung, Sikampuh. Di kecamatan tersebut total terdapat 1.159 kepala keluarga yang terdampak. Sebagian di antaranya terpaksa harus mengungsi.

https://nasional.kompas.com/read/2022/10/21/07093241/7-provinsi-dihantam-banjir-dan-longsor-10-warga-tewas-ribuan-pengungsi

Terkini Lainnya

Vibes Sehat, Perwira Pertamina Healing dengan Berolahraga Lari

Vibes Sehat, Perwira Pertamina Healing dengan Berolahraga Lari

Nasional
Nyalakan Semangat Wirausaha Purna PMI, Bank Mandiri Gelar Workshop “Bapak Asuh: Grow Your Business Now!”

Nyalakan Semangat Wirausaha Purna PMI, Bank Mandiri Gelar Workshop “Bapak Asuh: Grow Your Business Now!”

Nasional
Data ICW: Hanya 6 dari 791 Kasus Korupsi pada 2023 yang Diusut Pencucian Uangnya

Data ICW: Hanya 6 dari 791 Kasus Korupsi pada 2023 yang Diusut Pencucian Uangnya

Nasional
UKT Meroket, Anies Sebut Keluarga Kelas Menengah Paling Kesulitan

UKT Meroket, Anies Sebut Keluarga Kelas Menengah Paling Kesulitan

Nasional
Anies Ungkap Kekhawatirannya Mau Maju Pilkada: Pilpres Kemarin Baik-baik Nggak?

Anies Ungkap Kekhawatirannya Mau Maju Pilkada: Pilpres Kemarin Baik-baik Nggak?

Nasional
MKD DPR Diminta Panggil Putri SYL yang Diduga Terima Aliran Dana

MKD DPR Diminta Panggil Putri SYL yang Diduga Terima Aliran Dana

Nasional
Kemenag: Jemaah Umrah Harus Tinggalkan Saudi Sebelum 6 Juni 2024

Kemenag: Jemaah Umrah Harus Tinggalkan Saudi Sebelum 6 Juni 2024

Nasional
Anies dan Ganjar Diminta Tiru Prabowo, Hadiri Pelantikan Presiden meski Kalah di Pilpres

Anies dan Ganjar Diminta Tiru Prabowo, Hadiri Pelantikan Presiden meski Kalah di Pilpres

Nasional
Digelar Hari Ini, Puan Jelaskan Urgensi Pertemuan Parlemen pada Forum Air Dunia Ke-10

Digelar Hari Ini, Puan Jelaskan Urgensi Pertemuan Parlemen pada Forum Air Dunia Ke-10

Nasional
ICW Catat 731 Kasus Korupsi pada 2023, Jumlahnya Meningkat Siginifikan

ICW Catat 731 Kasus Korupsi pada 2023, Jumlahnya Meningkat Siginifikan

Nasional
Anies Serius Pertimbangkan Maju Lagi di Pilkada DKI Jakarta 2024

Anies Serius Pertimbangkan Maju Lagi di Pilkada DKI Jakarta 2024

Nasional
Ditanya soal Bursa Menteri Kabinet Prabowo, Maruarar Sirait Ngaku Dipanggil Prabowo Hari Ini

Ditanya soal Bursa Menteri Kabinet Prabowo, Maruarar Sirait Ngaku Dipanggil Prabowo Hari Ini

Nasional
PDI-P Tak Undang Jokowi ke Rakernas, Maruarar Sirait: Masalah Internal Harus Dihormati

PDI-P Tak Undang Jokowi ke Rakernas, Maruarar Sirait: Masalah Internal Harus Dihormati

Nasional
Maruarar Sirait Dukung Jokowi Jadi Penasihat di Pemerintahan Prabowo

Maruarar Sirait Dukung Jokowi Jadi Penasihat di Pemerintahan Prabowo

Nasional
Pesawat Latih Jatuh di BSD, 3 Korban Tewas Merupakan Penerbang, Penumpang, dan Mekanik

Pesawat Latih Jatuh di BSD, 3 Korban Tewas Merupakan Penerbang, Penumpang, dan Mekanik

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke