Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Vibes Sehat, Perwira Pertamina Healing dengan Berolahraga Lari

Kompas.com - 19/05/2024, 18:37 WIB
Putri Rahmadhini,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com PT Pertamina (Persero) mengampanyekan gaya hidup sehat di lingkungan kerja dengan mengajak para pekerjanya berolahraga lari pada acara Fri Run, Jumat (17/5/2024).

Direktur Manajemen Risiko Pertamina Ahmad Siddik Badruddin menyatakan bahwa kegiatan lari tidak hanya mempromosikan gaya hidup sehat, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para pekerja (perwira) untuk berinteraksi dalam suasana informal.

Siddik berharap, kegiatan lari tersebut dapat dilakukan secara rutin di seluruh lokasi Pertamina di Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan mengajak semua Perwira dan Pertiwi Pertamina untuk mitigasi risiko agar lebih sehat lagi kedepannya,” ujar Siddik dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (19/5/2024).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyamakan kegiatan lari tersebut dengan mini Eco-Run Festival yang sering diadakan setiap tahun.

"Kali ini, Fri Run bertema 'Stay Fit, Stay Energized' yang ditujukan untuk para perwira Pertamina dari berbagai divisi dengan jarak lari santai sekitar 5 km yang menyenangkan dan menyehatkan," ujar Fadjar.

Fadjar menyambut baik respons positif dari manajemen dan perwira. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi kebiasaan energi antar sesama perwira Pertamina di seluruh Indonesia.

Olahraga lari bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mental. Dokter spesialis jantung dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dr Sidhi Laksono SpJP (K) FIHA MARS CPHM menjelaskan bahwa lari merupakan bagian dari mitigasi risiko penyakit jantung.

Ia menyarankan olahraga rutin, seperti lari dan joging, dilakukan minimal seminggu sekali.

"Tren milenial kini juga mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga lari. Manfaatnya juga bisa untuk self-healing di tengah kesibukan sehari-hari," tutur dr Sidhi.

Ia juga menekankan bahwa olahraga lari tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat menjaga kesehatan mental.

“Saat berlari, sirkulasi darah ke otak meningkat, bagian otak dapat merespons stres, dan memperbaiki suasana hati,” ujar dr Sidhi.

Sebagai informasi, acara Fri Run dihadiri oleh Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono, Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan, Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi, dan para perwira Pertamina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com