Salin Artikel

Situasi Ukraina Memanas, PSI Minta Pemerintah Segera Evakuasi WNI

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka meminta pemerintah segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina.

Hal tersebut menyusul terjadinya sejumlah ledakan di Ibu Kota Ukraina, Kiev dan di Kota Kharkiv tak lama usai Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan operasi militer khusus ke wilayah Donbas.

"Mengingat eskalasi konflik Rusia dan Ukraina yang semakin meningkat, demi pertimbangan kemanusiaan, kami meminta pemerintah RI untuk segera mengevakuasi saudara-saudara kita yang masih berada di wilayah Ukraina," kata Isyana dalam keterangannya, Kamis (24/2/2022).

Isyana mengatakan, dalam situasi peperangan, siapa pun bisa menjadi korban. Oleh karenanya, potensi ancaman terburuk yakni jatuhnya korban dari WNI harus dihindari sedini mungkin.

"Kita tidak bisa lagi menunda-nunda pemulangan WNI, situasi semakin genting, tidak ada yang bisa menjamin keselamatan saudara-saudara kita di sana. KBRI di Kiev harus proaktif memulangkan para WNI," jelasnya.

Terkait konflik itu sendiri, Isyana menegaskan bahwa PSI meminta semua pihak yang terlibat harus menahan diri.

Selain itu, pihak yang terlibat pun diingatkan soal perlunya berkontribusi pada perdamaian.

Diketahui, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (23/2/2022) mendeklarasikan perang dengan Ukraina, menurut laporan dari New York Post. Putin mengeklaim Rusia sedang melakukan operasi militer khusus untuk mendemiliterisasi Ukraina.

Tak lama setelah pidato Putin di televisi yang ditayangkan sebelum pukul 6 pagi waktu setempat, suara ledakan terdengar di Kramatorsk, Ukraina, diikuti laporan suara ledakan atau tembakan artileri di Kharkiv, Odessa, Mariupol, dan ibu kota Kiev, semuanya kota besar di Ukraina.

Kemlu RI mengungkapkan, saat ini terdapat 138 WNI yang berada di Ukraina.

Sebagian besar WNI tersebut bertempat tinggal di Kiev dan Odessa, serta sisanya tersebar di beberapa kota lain.

Kemenlu dan KBRI Kiev telah berhasil menjalin komunikasi dengan 138 WNI tersebut dan memastikan kondisi mereka tetap aman.

https://nasional.kompas.com/read/2022/02/24/15583321/situasi-ukraina-memanas-psi-minta-pemerintah-segera-evakuasi-wni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke