Salin Artikel

PKS Tegaskan Belum Putuskan Capres, Tetap Tokohkan Salim Segaf

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menegaskan, hingga kini PKS belum memutuskan sosok yang akan diusung sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Syaikhu mengatakan, meski PKS belum menentukan siapa capres yang akan diusung, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri diamanahi untuk tampil dalam pentas tokoh nasional sebagaimana hasil musyawarah Majelis Syuro PKS pada 2021 lalu.

"Jadi tetap kalau penokohan kita dorong Dr Salim Segaf Al Jufri sambil terus menguatkan kesiapan termasuk menjalin komunikasi dengan partai lain," kata Syaikhu dalam konferensi pers Rapat Kerja Nasional PKS Tahun 2022, Senin (31/1/2022), dikutip dari siaran pers.

Syaikhu pun mengingatkan, rakernas PKS bukanlah forum untuk menentukan calon presiden yang akan diusung, karena keputusan mengenai itu berada di tangan Majelis Syuro PKS sebagai forum tertinggi di partai.

Syaikhu menuturkan, PKS masih membuka pintu koalisi dengan partai lain karena perolehan suara PKS sebesar 8,21 persen tidak cukup untuk mencalonkan presiden seorang diri.

"Kita siap berkomunikasi dengan calon mitra koalisi. Jika sudah ada koalisi tentu baru diputuskan siapa capres yang akan diusung," ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsy menilai, PKS masih memiliki waktu untuk mendongkrak perolehan suara menjelang Pemilu 2024 mendatang.

"Masih ada waktu satu tahun 8 bulan untuk bekerja agar terus naik perolehan suara PKS lewat kolaborasi dan transformasi. Meski belum diputuskan capres tapi kita dorong tokoh internal dari PKS bisa muncul," kata dia.

Rakernas PKS 2022 diselenggarakan mulai Senin ini hingga Rabu (2/2/2022) mendatang di Hotel Bidakara, Jakarta.

Aboe mengatakan, rakernas merupakan forum untuk menyusun program kerja PKS dan merumuskan rencana strategis partai.

"Melalui rakernas ini diharapkan seluruh pengurus, pengurus semua yang ada di seluruh Indonesia diharapkan benar-benar memahami bagaimana cara kerja PKS selama satu tahun ke depan," kata Aboe.

https://nasional.kompas.com/read/2022/02/01/06450081/pks-tegaskan-belum-putuskan-capres-tetap-tokohkan-salim-segaf-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke