Salin Artikel

Didesak Mundur Usai Kebakaran Lapas Tangerang, Yasonna: Kita Anteng-anteng Saja

"Kita ini anteng-anteng saja," kata Yassona di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/9/2021), dikutip dari Tribunnews.com.

Yasonna pun menjelaskan sejumlah langkah yang telah dilakukan Kementerian Hukum dan HAM dalam menangani peristiwa tersebut.

Salah satunya, ia mengaku tengah membentuk tim psikolog untu mendampingi korban-korban yang mengalami trauma berat.

Selain itu, Yasonna juga menyebutkan bahwa 48 orang korban meninggal dunia telah dikembalikan ke keluarga dan dikebumikan.

"Semua kita tanggung biayanya termasuk santunan kita sudah dibayar tinggal satu WNA sekarang yang belum, kita tunggu bagaimana dari negara yang bersangkutan di Nigeria kalau mereka katakan kubur di sini atau kremasi kita akan lakukan," ujar Yasonna.

Diketahui, kebakaran melanda Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021) menyebabkan 49 orang warga binaan tewas.

Polda Metro Jaya telah menetapkan tiga orang petugas Lapas Kelas I Tangerang sebagai tersangka dalam kasus ini yakni RU, S, dan Y.

Adapun desakan agar Yasonna mundur dari jabatannya datang dari sejumlah pihak, salah satunya dari anggota Komisi III DPR Syarifuddin Sudding.

Politikus Partai Amanat Nasional itu mendesak Yasonna mundur jika memiliki tanggung jawab moral. Jika Yasonna tak mundur, maka Presiden Joko Widodo harus mengevaluasi kinerjanya.

"Saya kira, Yasonna harus bertanggung jawab dalam persoalan ini. Jangan lagi tanggung jawab seakan-akan dialihkan kepada Kepala Lapas (Kalapas) atau Dirjen Pemasyarakatan. Tapi, Yasonna sebagai pengendali kebijakan harus bertanggung jawab penuh terhadap tragedi kemanusiaan ini," kata dia, Kamis (9/9/2019).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mundur? Menkumham Yasonna: Kita Anteng-anteng Saja

https://nasional.kompas.com/read/2021/09/21/16013191/didesak-mundur-usai-kebakaran-lapas-tangerang-yasonna-kita-anteng-anteng

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke