Salin Artikel

Prabowo Bertemu Plt Menhan AS di Jakarta, Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan

Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo dan Miller menggelar pertemuan tertutup guna membahas penguatan kerja sama yang sudah dilakukan kedua negara.

"Menhan AS pagi jam 10.00 WIB tadi melakukan kunjungan kehormatan ke Menhan RI Prabowo Subianto, disambut dengan upacara jajar kehormatan dan dilanjutkan dengan pembicaraan tertutup terkait dengan penguatan kerja sama pertahanan yang sudah disepakati selama ini," ujar Dahnil dalam keterangannya, Senin (7/12/2020).

Sebelumnya, Prabowo telah berkunjung ke AS untuk menggelar pertemuan dengan sejumlah pejabat di Pentagon pada pertengahan Oktober 2020. Salah satu pejabat yang ditemui adalah Menhan AS kala itu, Mark Esper.

Diketahui, kunjungan Prabowo ke AS sempat memantik kecaman dari dalam maupun luar negeri.

Kecaman itu tak lepas dari keputusan Amerika yang sebelumnya memasukkan Prabowo dalam daftar hitam karena dinilai punya latar belakang pelanggaran HAM.

Larangan ini diterapkan di bawah pemerintahan Presiden Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama.

Namun, seorang pejabat tinggi kementerian pertahanan Amerika membela keputusan menyambut Prabowo di Pentagon

"Prabowo diangkat sebagai menteri pertahanan oleh presiden terpilih Indonesia, negara ketiga terbesar di dunia," kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya kepada kantor berita Reuters.

https://nasional.kompas.com/read/2020/12/07/19474841/prabowo-bertemu-plt-menhan-as-di-jakarta-bahas-penguatan-kerja-sama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke