Salin Artikel

Besok, Kloter Kedua Jemaah Umrah Asal Indonesia Berangkat ke Jeddah

Mereka yang berangkat adalah para jemaah yang sebelumnya gagal untuk berangkat pada kloter pertama, Minggu (1/11/2020).

"Jadi kami upayakan agar yang gagal berangkat kemarin Minggu bisa berangkat besok. Kan kemarin ada sekitar 100 yang gagal berangkat," kata Budijanto saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Namun, ia berharap, para jemaah itu harus sudah siap dalam hal kelengkapan dokumen sebagai syarat penerbangan umrah.

Salah satunya yaitu hasil tes usab swab test dari jemaah yang telah dinyatakan negatif. Para jemaah yang gagal karena hasil testnya positif, kata dia, bisa berangkat besok.

Menurut dia, salah satu faktor yang menyebabkan para jemaah gagal berangkat yaitu hasil tes positif, selain karena visa yang belum terbit.

"Makanya saya harap itu waktu yang lebih panjang dipersiapkan untuk melengkapi dokumen terbang. Harus siap dalam hal waktu. Karena itu, calon jemaah harus siap waktu yang lebih lama. Karena itu, tadi pertama, harus nunggu hasil PCR, kan itu 72 jam sebelum berangkat," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim memastikan, rombongan pertama jemaah umrah Indonesia sudah bisa bertolak ke Jeddah, Arab Saudi.

Ini merupakan rombongan pertama setelah penyelenggaraan umrah dihentikan sementara karena situasi pandemi virus corona di seluruh dunia sejak Februari 2020.

"Iya, confirm. Jemaah dari Indonesia sudah bisa umrah mulai 1 November besok," kata Arfi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

https://nasional.kompas.com/read/2020/11/02/15045951/besok-kloter-kedua-jemaah-umrah-asal-indonesia-berangkat-ke-jeddah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke