Salin Artikel

Firli Bahuri Lantik Tiga Direktur dan Sembilan Koordinator Wilayah KPK

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri melantik 12 orang pejabat eslon II yang terdiri atas tiga orang direktur dan sembilan koordinator wilayah, Selasa (22/9/2020).

"Saya percaya bahwa Saudara Saudari akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Firli dalam upacara pelantikan di Gedung Merah Putih KPK yang disiarkan melalui akun Youtube KPK.

Firli mengingatkan tugas pokok yang diemban sesuai amanat Undang-Undang KPK harus dilaksanakan, yakni melakukan pencegahan korupsi, koordinasi dengan instansi lain dan monitoring atas penyelenggaraan pemerintahan.

Kemudian, supervisi terhadap instansi yang melaksanakan pemberantasan korupsi, melakukan penyidikan, penyelidikan, dan penuntutan, serta melaksanakan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

"Kalau kita lihat tugas-tugas pokok tersebut itu adalah tugas pokok yang harus kita laksanakan," kata Firli.

Tiga direktur yang dilantik ialah Direktur Penyidikan Setyo Budiyanto, Direktur Pengaduan Masyarakat Tomi Murtomo, Driektur Pengolahan Informasi dan Data Riki Arif Gunawan.

Sementara, 9 koordinator wilayah yang dilantik Firli yaitu Asep Rahmat Suwanda, Aminudin, Budi Waluya, Ratna Zulaiha, Didik Agung Widjanarko, Agung Yudha Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi, dan Yudhiawan.

Dari nama-nama tersebut, enam orang memiliki latar belakang polisi, yaitu Setyo, Didik, Agung, Bahtiar, Kumbul, dan Yudhiawan. Sedangkan Riki berasal dari Kemenkominfo dan lainnya berasal dari internal KPK.

Para pejabat tersebut terpilih setelah melewati seleksi administrasi, uji kompetensi, pengecekan rekam jejak dan kepatuhan LHKPN, tes kesehatan, serta presentasi dan wawancara dengan pimpinan KPK.

https://nasional.kompas.com/read/2020/09/22/11310111/firli-bahuri-lantik-tiga-direktur-dan-sembilan-koordinator-wilayah-kpk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke