Salin Artikel

Jenazah Gus Sholah Diberangkatkan ke Jawa Timur untuk Dimakamkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenazah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Salahuddin Wahid atau Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang, Jawa Timur. Jenazah Gus Sholah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid mengatakan, lokasi pemakaman berada di Kompleks pemakaman Pesantren Tebuireng yang sudah jauh-jauh hari diminta oleh Gus Sholah kepada keluarga.

Selain itu, kompleks pemakaman di kawasan Pesantren Tebuireng itu juga diprioritaskan untuk para pengasuh pondok pesantren.

"Dipilihnya sudah lama dua tiga tahun sudah dipilih tempat itu, sudah dibuat rapi oleh Gus Sholah sendiri," kata Irfan di Jalan Bangka Raya, Tendean, Mela Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020)

"Karena yang boleh di situ kan cuma pengasuh pondok, enggak bisa semua orang, tempatnya VIP yang doain banyak," sambungnya.

Lebih lanjut Irfan mengatakan, Gus Sholah sudah memiliki firasat akan kepergiannya. Ia mengatakan, firasat itu dirasakan Gus Sholah saat dirawat di rumah sakit.

"Waktu Bapak di rumah sakit sudah kelihatan, Bapak sudah merasakan. Orang-orang sudah pada datang, datang menyalamin saya, nyambut saya," ujar Irfan.

Sebelum jenazah diberangkatkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid sempat memimpin doa keberangkatan.

KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah tutup usia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, setelah berjuang melawan sakit yang dideritanya.

Adik kandung dari Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dalam usia 77 tahun.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jalan Bangka Raya 2C, jenazah akan diberangkatkan ke Jawa Timur menggunakan pesawat Batik Air melalui Bandara Halim Perdanakusuma pukul 10.00 WIB.

Menurut rencana, jenazah akan disemayamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur sebelum dimakamkan di lokasi yang sama.

Pria kelahiran Jombang pada 11 September 1942 itu merupakan anak dari KH Wahid Hasjim. Selain dikenal sebagai tokoh agama, Gus Sholah juga dikenal sebagai politisi, tokoh HAM, hingga arsitek.

https://nasional.kompas.com/read/2020/02/03/09145791/jenazah-gus-sholah-diberangkatkan-ke-jawa-timur-untuk-dimakamkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke