Salin Artikel

Ketua MPR Ajak Masyarakat Teladani Kisah Bung Karno, Bung Hatta, dan KH Agus Salim

Zulkifli mengatakan, kisah-kisah para tokoh bangsa tersebut perlu diteladani dalam rangka mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Penting kiranya kita belajar dari kisah para pendiri bangsa yang memberi keteladanan bahwa memimpin adalah mengabdi, bukan sekedar jalan mencari kuasa," kata Zulkifli saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR di Gedung DPR/MPR, Jumat (16/8/2019).

Zulkifli mencontohkan kisah Bung Karno yang menunjukkan gaya hidup sederhana meskipun baru saja ditetapkan sebagai presiden selepas Rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, 18 Agustus 1945 silam.

Zulkifli menceritakan, saat itu Soekarno diketahui pulang berjalan kaki dari lokasi rapat dan mencari hidang berbuka puasa seorang diri meskipun sudah berstatus sebagai Presiden

"Santapan berbuka puasanya adalah sate ayam yang dibelinya sendiri di pinggir jalan dari seorang pedagang tanpa pakaian atas, alias bertelanjang dada," kata Zulkifli.

Zulkifili kemudian mencontohkan kisah Bung Hatta yang menolak menerima uang Rp 6 juta yang merupakan sisa dana nonbujeter untuk keperluan operasional dirinya selama menjabat wakil presiden.

Zulkifli juga menceritakan kisah Agus Salim yang tinggal di sebuah rumah sewaan yang berada di gang sempit hingga akhir hayatnya.

"Kasur gulung, ruang makan, dapur, dan tempat menerima tamu di rumah kontrakannya bersatu dalam satu ruangan besar," kata Zulkifli Hasan.

"Nasi goreng kecap mentega menjadi menu favorit, khususnya ketika sedang tidak ada makanan lain yang lebih bergizi, dan tidak ada uang," ujar Ketua Umum PAN ini.

https://nasional.kompas.com/read/2019/08/16/10160761/ketua-mpr-ajak-masyarakat-teladani-kisah-bung-karno-bung-hatta-dan-kh-agus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke