Salin Artikel

Fahri Hamzah Minta Publik Tak Khawatirkan Wacana Pembekuan KPK

Menurut dia, wacana tersebut semestinya harus dihadapi oleh KPK. Sebab, menurut Fahri, ide tersebut menjadi bagian dari upaya perbaikan lembaga antirasuah tersebut.

"Enggak perlu takut, sebab KPK bisa diperkuat dengan memperbaiki yang ada di dalamnya, membersihkan dari regulasi yang menyimpang dari aturan...karena itu intrepretasi saja. Kalau kemarin itu, pembekuan itu sementara karena kita sedang evaluasi sementara," kata Fahri di Jakarta, Minggu (10/9/2017).

Fahri menambahkan, semua ide dari Pansus untuk memperbaiki KPK perlu ditampung karena itu didasarkan pada temuan selama mereka bekerja.

Ia pun mengusulkan model pemberantasan korupsi seperti di Korea Selatan, karena lebih sistematis dan menyeluruh.

Menurut Fahri, model pemberantasan korupsi di sana dengan menguatkan lembaga penegak hukum inti seperti kepolisian dan kejaksaan akan sangat efektif.

"Nanti kita lihat mau bubar, beku, cair nanti kita lihat. Kalau saya santai aja, enggak usah khawatir. Santai aja," lanjut Fahri.

Usulan isi rekomendasi Panitia Angket DPR terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi makin liar dan tampak bertujuan meniadakan komisi antikorupsi itu.

Anggota Panitia Angket dari Fraksi PDI Perjuangan, Henry Yosodiningrat menyerukan pembekuan KPK sementara waktu. Menurut Henry, dari hasil penyelidikan panitia angket, ada banyak hal di KPK yang harus dibenahi, dan pembenahan ini butuh waktu lama.

"Maka, jika perlu, untuk sementara KPK distop dulu. Kembalikan (wewenang memberantas korupsi) kepada kepolisian dan Kejaksaan Agung dulu," kata Henry seperti dikutip Harian Kompas.

https://nasional.kompas.com/read/2017/09/10/17465091/fahri-hamzah-minta-publik-tak-khawatirkan-wacana-pembekuan-kpk

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.