Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Daerah hasil Pilkada 2015 Diberi Pembekalan

Kompas.com - 22/05/2017, 10:19 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Dalam Negeri, menggelar pembekalan kepemimpinan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada serentak 2015 lalu.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai Senin (22/5/2017) hingga Rabu lusa (24/5/2017) di kantor BPSDM, Kemendagri, Jalan Taman Makam Pahlawan Nomor 8, Jakarta Selatan.

Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi dalam pidatonya mengatakan bahwa kegiatan pembekalan kepemimpinan tersebut adalah salah satu program prioritas Kemendagri untuk mengembangkan SDM aparatur negara.

"Targetnya bukan cuma kepala daerah dan wakilnya. Tapi juga anggota DPRD, serta pejabat eselon I-IV pemerintah pusat dan daerah," kata Teguh.

(Baca: Komnas HAM-INFID Dorong 100 Kepala Daerah Adopsi Konsep Kota Ramah HAM)

Teguh mengatakan, kegiatan serupa untuk angkatan pertama telah digelar April lalu. Kali ini, digelar untuk angkatan kedua dengan jumlah kurang lebih 180 peserta.

"Pesertanya kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2015 yang belum mengikuti pembekalan kepemimpinan," kata Teguh.

Diharapkan, kata Teguh, kegiatan ini bisa meningkatkan wasasan dan pengetahuan peserta dan semangat serta pengabidan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Materinya yang disampaikan seperti tentang pemeritahan dalam negeri, program prioritas, keuangan dan soal kepemimpinan ESQ," kata dia.

Tak hanya para kepala daerah dan wakilnya saja yang mendapat pembekalan. MenurutTeguh, istri dari para kepala dan wakil kepala daerah juga akan mendapatkan pembekalan yang sama.

(Baca: Tjahjo Ingatkan Kepala Daerah Cermat Hitung Anggaran Pilkada 2018)

"Besok ada juga buat para istri kepala darah dan wakil kepala dibuka oleh Ketua PKK RI. Ada Menteri Sosial RI dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI," kata Teguh.

Sementara itu, Teguh menambahkan, untuk pembekalan kepemimpinan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada serentak 2017 kemarin baru akan dilaksanakan September mendatang.

"Untuk hasil pilkada 2017 akan mulai pembekalan bulan September mendatang," kata dia.

Kompas TV Bupati Mandailing Natal Ternyata Pengrajin Limbah Kayu

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com