Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Akan Belajar Sistem Pemilu Indonesia

Kompas.com - 07/07/2009, 21:11 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Sistem pemilu Indonesia ternyata menjadi salah satu bahan yang akan dipelajari oleh Taiwan. Pemilu di Indonesia mengenal masa tenang, sedangkan di Taiwan tidak ada. "Di Taiwan tidak ada masa tenang. Besok pemilu, hari ini masih kampanye besar," kata Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan untuk Indonesia Thimothy Yang saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Selasa (7/7).

Lebih lanjut, Yang mengatakan bahwa masa tenang seperti menjelang hari H pilpres ini membuat rakyat yang ikut memilih capres-cawapres jadi punya kesempatan untuk menenangkan pikiran. "Dengan begitu, masyarakat pemilih bisa punya pikiran yang lebih jernih untuk memilih capres yang diinginkan," tutur Yang.

Menurutnya, dengan sistem ini, masyarakat jadi bisa memilih presiden yang benar-benar sesuai dengan tujuannya dan bisa membawa masyarakat ke arah yang lebih baik. Pada kesempatan ini pula, ia menambahkan, mewakili pemerintah Taiwan, Yang mengucapkan selamat melaksanakan pilpres besok (8/7). "Semoga Pilpres 2009 berjalan dengan lancar dan sukses," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com