Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPN: Instagram Mahfud MD Diretas

Kompas.com - 16/01/2024, 17:02 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim membenarkan bahwa Instagram dari calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengalami peretasan, Selasa (16/1/2024) sore.

Hingga berita ini dimuat, akun Instagram pribadi dari Mahfud masih diretas dengan menampilkan sebuah video sejumlah tentara luar negeri tengah bermain bola.

Dalam video itu juga tertulis keterangan berbahasa Ibrani.

"Intinya ini betul di-hack, dan semoga saja tidak ada posting-an lain yang menyesatkan sebelum akun ini bisa disetop," kata Chico kepada wartawan, Selasa.

Baca juga: Mahfud Usul Ubah Nama KPK jika Terpilih pada Pilpres 2024

TPN sedang menghubungi pihak Instagram yang merupakan bawahan dari media sosial Facebook, yaitu Meta.


Sementara itu, Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) TPN Ganjar-Mahfud, Oktafiandi meminta semua mengabaikan apa pun posting-an terkini dari Instagram Mahfud MD selama diretas. 

"Instagram Prof Mahfud MD lagi di-hack, dan dalam proses untuk diambil alih oleh tim. Jika ada posting-an atau DM yang mengatas namakan Beliau mohon di abaikan sampai ada pemberitahuan kembali," tutur dia.

Baca juga: Skandal Pegawai Lakukan KPK Pungli di Rutan, Mahfud: Tangkap Saja

Akun Instagram Mahfud menampilkan video berdurasi 12 detik yang diduga di-posting oleh peretas. Hingga kini, ada sekitar 463.000 yang melihat video tersebut.

Adapun keterangan dalam video tersebut berbahasa Ibrani yang artinya "Tuhan Bersama Saya, Tidak Ada yang Bisa Mengontrol Saya".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com