Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singgung soal Pekerja Migran, Ganjar Tak Hanya Fokus pada Isu Pertahanan di Debat Capres Kedua

Kompas.com - 02/01/2024, 14:54 WIB
Vitorio Mantalean,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku tak hanya akan fokus pada isu pertahanan dan keamanan jelang debat kedua capres pada 7 Januari 2024.

Ganjar menilai isu pekerja migran Indonesia yang terkatung-katung juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk dibahas.

"Jangan salah ya, kita bicara muluk-muluk, tinggi-tinggi, tapi pekerja migran kita enggak diurus, hati-hati," kata Ganjar kepada wartawan pada Selasa (2/1/2024).

"Hati-hati, karena Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) selama ini punya perhatian yang bagus soal itu. Saya pernah berbincang dengan Ibu Menlu (Menteri Luar Negeri) dan ternyata problem besar kita di luar negeri terkait dengan kepentingan nasional adalah pada pekerja migran. Ini yang penting," ujarnya lagi.

Baca juga: Usai Jadi Tersangka, 6 Prajurit TNI Penganiaya Relawan Ganjar Ditahan Selama 20 Hari

Ganjar mengatakan, isu ini justru menjadi salah satu isu politik luar negeri yang berkaitan langsung dengan kepentingan rakyat.

Di samping itu, Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga menyinggung isu-isu lain yang juga dianggapnya patut diperhitungkan dalam debat nanti, yakni isu soal perbatasan hingga organisasi internal.

Dalam hal pertahanan dan keamanan, Ganjar menyinggung soal kebutuhan dasar alat utama sistem senjata (alutsista) yang dinilainya perlu dipersiapkan sungguh-sungguh.

Baca juga: Saat Anies, Prabowo, dan Ganjar Bicara Resolusi 2024: Turun ke Rakyat hingga Perubahan

Ia juga berharap agar industri dalam negeri dapat berkontribusi dalam pemenuhan alutsista TNI.

"Kalau kita mau bicara transisi alutsista, maka transisinya jangan kejauhan, karena peralatan alutsista makin hari makin modern," kata Ganjar.

Sebagai informasi, debat ketiga dengan agenda debat capres ini akan digelar KPU RI pada 7 Januari 2024.

Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan adu gagasan soal isu pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Baca juga: Singgung Pertanyaan Debat Capres soal Pupuk Langka di Hadapan Petani, Ganjar: Yang Nanya Enggak Ngerti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com