Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Kekayaan Syahrul Yasin Limpo, Mentan yang "Menghilang" Usai Rumahnya Digeledah KPK

Kompas.com - 04/10/2023, 07:45 WIB
Irfan Kamil,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tengah menjadi sorotan publik belakangan ini.

Hal ini terjadi lantaran baru-baru ini rumah dinas-nya di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, digeledah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK bahkan menemukan uang puluhan miliar dan 12 pucuk senjata api dari penggeledahan terkait perkara dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) itu.

Namun, KPK belum menjelaskan secara terperinci konstruksi perkara dugaan korupsi di Kementan. Lembaga Antirasuah juga belum mengungkap nama-nama tersangka dalam kasus tersebut.

Lantas berapa harta kekayaan Syahrul Yasin Limpo?

Baca juga: Profil Syahrul Yasin Limpo, Mentan yang Dikabarkan Menghilang di Eropa Usai Rumah Digeledah KPK 

Total harta Rp 20 Miliar

Syahrul Yasin Limpo diketahui memiliki harta sebanyak Rp 20.058.042.532 berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di KPK pada 31 Januari 2023.

Politikus Partai Nasdem ini tercatat memiliki 16 bidang lahan dan bangunan senilai Rp 11.314.255.150 yang tersebar di Kota Gowa dan Kota Makassar.

Ia juga memiliki enam kendaraan roda empat, di antaranya bermerek Toyota Alpard dan Mercedes Benz, serta satu motor Harley Davidson dengan nilai Rp 1.475.000.000.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulses) itu juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 1.149.970.000, berserta kas dan setara kas senilai Rp 6.118.817.382.

Dalam laporan harta kekayaannya, Syahrul Yasin Limpo tidak tercatat memiliki hutang. Sehingga jumlah hartanya mencapai Rp 20.058.042.532.

 Baca juga: Geger Mentan Syahrul Yasin Limpo Hilang di Eropa Setelah Rumah Digeledah KPK

"Menghilang"

Namun, setelah KPK melakukan penggeledahan hampir 20 jam di rumah dinasnya, Politikus Partai Nasdem itu dikabarkan hilang kabar atau lost contact usai melakukan kunjungan kerja di luar negeri.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan bahwa sejumlah pihak masih terus mencari keberadaan Syahrul Yasin Limpo.

"Kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," kata Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Harvick mengatakan, informasi yang terakhir diterimanya bahwa Mentan berada di Spanyol. Ketika itu, Syahrul masih bersama sejumlah pejabat eselon Kementerian Pertanian.

 Baca juga: Surya Paloh Disebut Sudah Perintahkan Mentan Syahrul Yasin Limpo Kembali ke Indonesia

Para pejabat eselon itu sedang ikut dalam kunjungan kerja Mentan ke negara tersebut. Namun, menurut Harvick, akhirnya rombongan ini terpisah dari Syahrul.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com