Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Disebut Minta Bantuan SBY untuk Menangkan Jawa Timur

Kompas.com - 22/09/2023, 21:51 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengungkap bahwa Prabowo Subianto meminta bantuan Demokrat dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memperkuat dukungan di wilayah Jawa Timur.

"Kami kemarin bicara, diskusi bagaimana memenangkan Pak Prabowo juga dengan Pak SBY. Pak Prabowo minta, 'Bantulah kami di Jawa Timur," ungkap Hinca di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Hinca meyakini SBY mampu memperkuat dukungan untuk Prabowo di wilayah Jawa. Apalagi, SBY telah menyatakan bakal turun gunung untuk membantu Prabowo.

Baca juga: Meski Sudah Mendukung Prabowo, Demokrat Tak Tutup Rencana Pertemuan SBY-Megawati

"Artinya Pulau Jawa, beliau sangat mungkin. Apalagi dengan Lavani-nya, dengan museumnya," imbuh dia.

Lebih jauh, terkait wilayah luar Pulau Jawa, tugas itu bisa saja diberikan untuk Hinca dan rekan-rekan Demokrat yang lain.

Hinca juga mengaku siap jika ditugaskan memperkuat dukungan untuk Prabowo di Sumatera.

"Jadi kalau kau tanya apakah dia (SBY) turun? Turun. Dalam struktur itu dia masuk. Dan (SBY) diminta oleh Pak Prabowo menjadi mentornya. Jadi semua diskusi-diskusi strategis, calon wakil presiden, pemenangan dan lain lain, Pak Prabowo minta mohon kita diskusi dan beri arah," ucap Hinca.

Baca juga: Demokrat yang Gaungkan Perubahan, tapi Gabung ke Koalisi yang Lanjutkan Kerja Jokowi...

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi meyakini masuknya Partai Demokrat dengan figur Ketua Majelis Tinggi SBY dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), mampu memberikan tambahan kemenangan bagi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kehadiran SBY dan Demokrat diyakini semakin memastikan kemenangan koalisi Prabowo di Provinsi Jawa Timur. Adapun, Jawa Timur menjadi lumbung suara nasional, selain Jawa Barat.

Mulanya, Viva ditanya apakah PAN dan KIM juga menganggap penting figur atau tokoh Nahdlatul Ulama (NU) untuk menyasar suara di Jawa Timur.

Menurut dia, figur NU memang menjadi salah satu variabel penting. Namun PAN melihat kini KIM melirik figur SBY untuk kemenangan di Jawa Timur.

Baca juga: Fenomena Bercyandya: Dari Bromo, MA, Demokrat, dan Kaesang

"Kalau sekarang di Jawa Timur, setelah Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju. Pak SBY orang Pacitan, bagaimana? Bagaimana coba?" tutur Viva dalam tayangan Gaspol! Kompas.com, dikutip dari YouTube, Jumat.

Tak hanya itu, Viva meyakini kehadiran SBY dalam KIM menambah semangat untuk memenangkan koalisi Prabowo di Jawa Timur.

Dia pun memuji SBY yang sudah memenangkan Pilpres sebanyak dua kali.

"(SBY) Dua kali menjadi presiden," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com