Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lihat Upacara 17 Agustus di Istana? Daftar ke Sini!

Kompas.com - 04/08/2023, 14:53 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani mengatakan, masyarakat yang ingin mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI dapat mendaftarkan diri secara online.

Pendaftaran tersebut dilakukan melalui website pandang.istanapresiden.go.id mulai 5 Agustus 2023 atau Sabtu besok.

"Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini akan dikemas lebih menarik dengan menyajikan sejumlah hiburan bagi masyarakat yang akan menyaksikan," ujar Rika dilansir siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Jadwal Upacara 17 Agustus 2023 dan Rangkaian Kegiatan HUT Ke-78 RI

"Oleh karenanya, bagi masyarakat yang ingin mengikuti jalannya upacara di Istana Merdeka, dapat mendaftarkan diri melalui situs pandang.istanapresiden.go.id yang akan mulai dibuka mulai 5 Agustus 2023," jelasnya.

Rika menuturkan, masyarakat yang telah mendaftar akan diverifikasi terlebih dahulu.

Apabila dinyatakan lolos verifikasi, pendaftar akan mendapatkan email notifikasi pengambilan undangan untuk hadir mengikuti upacara secara langsung di Istana Merdeka.

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut hadir secara langsung dalam upacara pada 17 Agustus di istana.

Baca juga: Tanggal 17 Agustus 2023 Jatuh Pada Hari Apa?

Dia menuturkan, pada tahun ini upacara akan dilaksanakan secara terbuka dengan jumlah undangan yang lebih banyak.

“Tahun ini, masyarakat yang hadir di istana untuk mengikuti upacara akan lebih banyak dari tahun sebelumnya,” katanya.

Bey menjelaskan, jumlah undangan yang telah disiapkan oleh Sekretariat Presiden bagi masyarakat sebanyak 16.000 undangan.

Jumlah tersebut terdiri dari 8.000 undangan untuk Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI di pagi hari dan 8.000 undangan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di sore hari.

Baca juga: Ada 4 Hal Berbeda pada Upacara 17 Agustus Tahun Ini di Istana, Apa Saja?

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengingatkan masyarakat agar tidak melewatkan kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan upacara secara langsung di Istana Merdeka.

“Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk hadir pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini di Istana Merdeka,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com