Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Timor Leste Xanana Gusmao Ucapkan Selamat Harlah Ke-25 PKB, Sanjung Gus Dur

Kompas.com - 25/07/2023, 23:08 WIB
Vitorio Mantalean,
Icha Rastika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao mengucapkan selamat atas Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang perayaan puncaknya digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2023).

Dalam surat yang ditandatangani dari Dili, Ibu Kota Timor Leste, Xanana mengapresiasi bagaimana deklarator PKB Abdurrahman Wahid alias Gus Dur bersimpati terhadap warganya.

"Merupakan kebahagiaan yang luar biasa dapat mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada peringatan 25 tahunnya dan merayakan kontribusi signifikan yang telah diberikan PKB untuk Indonesia dan rakyatnya," kata Xanana dalam suratnya.

Baca juga: PKB Tak Mau Berandai-andai Tinggalkan Gerindra jika Jadi Kerja Sama Politik dengan PDI-P

Xanana menilai bahwa PKB dulu memiliki andil dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, serta hubungan harmonis sebagaimana nilai-nilai yang selalu diperjuangkan Gus Dur.

Menurut dia, hubungan positif antara Indonesia dan Timor Leste tak bisa dilepaskan dari kerja-kerja PKB dan Gus Dur.

"Pada tanggal 29 Februari 2.000, pendiri PKB, Yang Mulia Abdurrahman Wahid, adalah Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi negara kami setelah pemungutan suara untuk kemerdekaan," tutur dia.

Baca juga: Nuansa Merah Harlah PKB di Kandang Banteng dan Kode-kode Muhaimin-Puan

Xanana berharap agar PKB yang didirikan dengan semangat reformasi dan prodemokrasi terus berlanjut dalam garis perjuangan itu untuk membangun bangsa Indonesia.

"Yang penting, PKB adalah pendukung kuat masyarakat pedesaan, perempuan dan kaum dhuafa serta tetap teguh dalam mempromosikan keberagaman dan toleransi," ujar dia.

"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada HUT ke-25 dan saya berharap partai merayakan prestasinya dengan baik dan melihat ke depan sebagai pembela demokrasi, kebhinekaan dan bangsa Indonesia," kata Xanana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com