Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Haji Probolinggo Sempat Hilang dan Ditemukan Meninggal Dimakamkan

Kompas.com - 12/07/2023, 12:02 WIB
Aryo Putranto Saptohutomo

Editor

MEKKAH, KOMPAS.com - Seorang jemaah haji asal Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Niron Sunar Sunah (77), yang sempat hilang saat melakukan ibadah puncak dan ditemukan sudah meninggal dunia dimakamkan di Arab Saudi.

Jenazah Niron yang termasuk ke dalam terbang (kloter) 65 Embarkasi Surabaya ditemukan oleh tim PPIH di Rumah Sakit An-Noor.

"Jenazah dibawa ke Masjidilharam untuk disalatkan selepas maghrib lalu kita bersama keluarga langsung memakamkannya di pemakaman umum kawasan Syaraya," kata Kabid Perlindungan Jamaah PPIH Arab Saudi, Harun Ar Rasyid, dalam jumpa pers di Mekkah, seperti dikutip dari program Kompas Pagi di Kompas TV, Rabu (12/7/2023).

Sampai saat ini masih terdapat dua jemaah haji Indonesia yang belum ditemukan keberadannya.

Baca juga: Jemaah Haji Asal Probolinggo yang Hilang Ditemukan Wafat di RS Mina

Mereka adalah Suharja Wardi Ardi (69) asal Majalengka, Jawa Barat, dan Idun Rohim Zen (83) dari Embarkasi Palembang Kloter 20 (PLM 20), Sumatera Selatan.

"Untuk kedua jemaah yang masih kita cari mudah-mudahan dapat kita temukan," ujar Harun.

Harun mengatakan, penemuan Niron berawal dari pesan yang beredar melalui WhatsApp yang memberikan informasi terdapat seorang jenazah yang memiliki ciri-ciri mirip.

Pukul 10.15 WAS (Waktu Arab Saudi), pihaknya berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai dari Mashariq, ketua kloter, dan istri almarhum.

Baca juga: 2 Jemaah Haji Indonesia Masih Hilang, Pencarian Dilanjutkan

 

Usai melihat ciri khusus, istri almarhum membenarkan bahawa jenazah tersebut adalah suaminya. Pengecekan pun dilakukan dengan pencocokan berbagai data, seperti paspor, visa, dan sidik jari.

Setelah negosiasi yang panjang dan cukup alot, pukul 20.15 jenazah bisa langsung dimandikan.

Pihak maktab dan pengurus Arab Saudi merespons keinginan keluarga membawa jenazah ke Masjidil Haram untuk disalatkan selepas maghrib.

"Istri almarhum melihat ciri khusus yang melekat di tubuh jenazah. Beliau memastikan itu jenazah suaminya," ujar Harun.

Baca juga: Haji Asal Probolinggo Dilaporkan Hilang di Mina, Petugas Masih Lakukan Penyisiran

Tim perlindungan jemaah PPIH juga terus melakukan penyisiran ke wilayah Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna) serta berbagai rumah sakit buat mencari keberadaan 2 jemaah haji yang masih hilang.

Selain itu, PPIH juga meminta bantuan kepada Kepolisian Arab Saudi untuk mencari keberadaan 2 jemaah haji yang masih hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com