Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi di KTT Ke-42: Peran Pertemuan Dibutuhkan dalam Susun Agenda ASEAN 2045

Kompas.com - 10/05/2023, 11:44 WIB
Fika Nurul Ulya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan peran parlemen negara-negara Asia Tenggara sangat dibutuhkan dalam menyusun agenda ASEAN tahun 2045.

Hal ini dikatakannya saat membuka sesi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023).

"Dalam jangka panjang peran parlemen juga sangat dibutuhkan dalam menyusun agenda ASEAN 2045," kata Jokowi, Rabu.

Adapun hal tersebut dikatakannya usai menyinggung dukungan Parlemen di ASEAN saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Buka KTT Ke-42, Jokowi: Mari Bekerja Keras Menjadikan ASEAN Matters...

Dukungan tersebut kata Jokowi, sangat membantu pemerintah membuat kebijakan di masa darurat. Ia pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Parlemen ASEAN.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN sehingga kebijakan di masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan, ASEAN harus mampu lebih tanggap dalam menghadapi tantangan ke depan.

Tujuannya agar ASEAN mampu menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

"Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth," jelas Jokowi.

Baca juga: Momen Pembukaan KTT Ke-42 ASEAN: Foto Bersama dengan Latar Belakang Kapal Pinisi dan PM Timor Leste Diberikan Kesempatan Khusus

Sebagai informasi, AIPA menjadi salah satu rangkaian pertemuan yang dihadiri Presiden Joko Widodo pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Presiden diketahui memimpin 7 dari 8 pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42.

Dari 8 pertemuan itu, 5 pertemuan akan diadakan di tanggal 10 Mei 2023, yaitu KTT dalam bentuk pleno, interface dengan AIPA (parlemen), interface dengan youth, interface dengan ABAC (bisnis), dan interface dengan HLTF (High-Level Task Force).

Sementara di hari kedua tanggal 11 Mei 2023, akan terdapat 3 pertemuan, yaitu KTT dalam bentuk Retreat; dan 2 pertemuan sub regional, meliputi IMT GT yang akan dihadiri Indonesia, Malaysia, dan Thailand; juga BIMP-EAGA yang akan dihadiri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

BIMP-EAGA akan dipimpin ole Perdana Menteri Malaysia karena rotasi keketuaannya dipegang oleh Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com