Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri: Mulai Hari Ini, Roda Pemerintahan di Sulteng Sudah Berjalan

Kompas.com - 02/10/2018, 12:27 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan, roda pemerintahan di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong tidak lagi lumpuh.

"Mulai hari ini, roda pemerintahan di sana enggak bisa lagi dibilang lumpuh. Kalau kemarin, iya. Tapi hari ini, pemerintahan daerah sudah berjalan," ujar Tjahjo saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Menteri Tjahjo sudah menunjuk salah satu direktur jenderalnya sebagai perantara komunikasi di antara pejabat yang berwenang di pemerintah daerah terdampak gempa dengan Kemendagri. Ini demi memastikan roda pemerintahan di sana berjalan.

Baca juga: Jokowi: Saya Harap Hari Ini atau Besok Logistik Sudah Melimpah

Sebanyak 50 personel IPDN dari Makassar serta Manado juga mulai melakukan pendampingan di beberapa sektor pelayanan publik di daerah terdampak bencana mulai Selasa ini.

"Jadi kalau ada pengaduan, pelayanan masyarakat atau apa pun, sudah tersedia. Meskipun saat ini konsentrasinya masih di penanganan dampak bencana, tapi apa pun, dalam konteks pemerintah daerah, tetap harus berjalan," ujar Tjahjo.

Informasi terkini yang diterima Tjahjo, akan didirikan tenda besar di depan rumah dinas gubernur Sulteng. Tenda itu digunakan sebagai posko pelayanan pemerintahan sementara.

"Minimal ada satu ruangan, di depan rumah gubernur akan ada tenda sehingga minimal kalau ada kebutuhan administrasi masyarakat yang diperlukan, sudah siap sedia," ujar Tjahjo.

Baca juga: Jokowi Ditelepon Raja Salman hingga Erdogan Bahas Bantuan Bencana Sulteng

Semenjak gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala dan disusul tsunami setinggi 3 meter, korban jiwa dan kerusakan terus bertambah.

Hingga Selasa (2/10/2018), tercatat 925 orang meninggal dunia, 99 orang hilang, serta 799 terluka.

Selain itu, ada 59.450 jiwa pengungsi yang tersebar di 109 titik di kota Palu. Sementara jumlah pengungsi di Kabupaten Donggala, datanya belum dapat disampaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com