Jokowi Berharap ASEAN yang Berusia 50 Tahun Bermanfaat bagi Dunia - Kompas.com

Jokowi Berharap ASEAN yang Berusia 50 Tahun Bermanfaat bagi Dunia

Kompas.com - 14/11/2017, 06:49 WIB
Dari kiri, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Konselor Negara Myanmar Aung San Suu Kyi, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith, berjabat tangan dalam foto keluarga sebelum KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina, Senin (13/11). ANTARA FOTO/REUTERS/Aaron Favila/Pool/cfo/17ANTARA FOTO/REUTERS/Aaron Favila/Pool Dari kiri, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Konselor Negara Myanmar Aung San Suu Kyi, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith, berjabat tangan dalam foto keluarga sebelum KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina, Senin (13/11). ANTARA FOTO/REUTERS/Aaron Favila/Pool/cfo/17

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, Asosiasi Negara-negara di Asia Tenggara ( ASEAN) yang telah berdiri selama 50 tahun telah menjadi salah satu organisasi yang bermanfaat.

Organisasi ini telah mampu menciptakan stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam KTT ke-31 ASEAN di Manila, Filipina awal pekan ini.

Meskipun bermanfaat, Jokowi mengingatkan, ASEAN tidak boleh lekas berbangga diri.

"Tantangan kita ke depan berat," kata Jokowi, dalam pernyataan tertulis, Senin (13/11/2017).

(Baca juga: Senin Ini, Jokowi Ikuti 11 Agenda di KTT ASEAN)

Jokowi berharap, negara anggota ASEAN ke depan bisa semakin kuat dan bersatu. Dia juga berharap, negara anggota ASEAN bisa menjadikan organisasi tersebut dihormati masyarakatnya dan disegani dunia

“Mari bersama kita jadikan ASEAN sebuah asosiasi yang kokoh dan bermanfaat bagi rakyatnya dan bermanfaat bagi dunia," kata Jokowi.

Setidaknya ada 21 kegiatan yang diikuti Jokowi dalam dua hari pertama KTT ASEAN.

Serangkaian agenda KTT ke-31 ASEAN itu mulai dari sidang pleno, jamuan santap siang, hingga sejumlah pertemuan lainnya.

Presiden juga menghadiri ASEAN Leader’s Interface dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC), KTT ASEAN-AS, KTT ASEAN-Tiongkok, KTT ASEAN-Korea, KTT ASEAN-Jepang, serta Pertemuan APT Leaders lnterface dengan East Asia Business Council.

(Agus Triyono/Kontan.co.id)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: "Jokowi: Usia 50 tahun, ASEAN bermanfaat bagi dunia"

EditorBayu Galih
Sumber
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM