Gerobak Kaki Lima di Istana... Halaman 1 - Kompas.com

Gerobak Kaki Lima di Istana...

Kompas.com - 05/01/2017, 06:41 WIB
Ihsanuddin Presiden Joko Widodo memborong nasi goreng gerobak untuk jadi santapan para menteri dan wartawan di Istana Bogor, Rabu (4/1/2017).

BOGOR, KOMPAS.com — Para pedagang kaki lima berbondong-bondong mendorong gerobak mereka memasuki Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/1/2017).

Raut wajah mereka senang. Itu karena Presiden Joko Widodo memborong jajanan yang biasa mereka sajikan sehari-hari. 

Mulai dari nasi goreng, sate madura, bakso, tahu sumedang, dan sekoteng. Makanan kaki lima itu jadi menu makan siang dalam rapat paripurna kabinet yang berlangsung di Istana Bogor.

Sebagian pedagang memarkirkan gerobaknya tepat di depan gedung utama Istana, tempat digelarnya rapat.

Sisanya menuju gedung lain yang letaknya beberapa meter dari gedung utama. Gedung tersebut tempat para wartawan, staf, dan ajudan menunggu rapat yang berlangsung tertutup.

(Baca: Jokowi: Jajanan Kaki Lima Enak, Murah, dan Meriah)

Beberapa pedagang yang didatangkan itu rupanya sudah akrab dengan Jokowi dan Istana Bogor.

Latief, pedagang nasi goreng, mengaku sudah tiga kali diundang ke Istana Bogor. Pertama, saat malam pergantian tahun dari 2016 ke 2017. Ketika itu Jokowi menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah peristirahatan Presiden.

Kedua, pada Selasa (3/1/2017) dan terakhir pada saat rapat paripurna ini untuk menyajikan makanan bagi Presiden dan para menteri.

Latief pun sudah hafal menu favorit Jokowi. "Pak Jokowi pesennya mi rebus. Sedikit pedas," kata Latief.

Latief sehari-hari menjajakan dagangannya di Rumah Sakit Salak, yang lokasinya tidak terlalu jauh di Istana Bogor.

Mulanya anak Jokowi, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep, yang kerap memesan makanannya di RS Salak.

Ihsanuddin Presiden Joko Widodo memborong nasi goreng gerobak untuk jadi santapan para menteri dan wartawan di Istana Bogor, Rabu (4/1/2017).
Dari situlah kelezatan masakan Latief bisa sampai di telinga Presiden. "Anak-anaknya (suka pesan). Tapi di sana (RS Salak) ya, bukan pas di sini," ucap Latief.

Rekan Latief yang juga berjualan di RS Salak, Rohman pun ketiban rezeki. Ia diundang ke Istana untuk menyediakan nasi goreng bagi para wartawan yang meliput rapat.

Total, Rohman sudah dua kali diundang ke Istana. "Senang aja, ini kan borongan. Kemarin Senin (2/1) saya bertemu Pak Jokowi langsung," kata dia.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, makanan kaki lima yang dihadirkan memang semuanya dipilih langsung oleh Jokowi.


Page:
PenulisIhsanuddin
EditorKrisiandi
Komentar

Close Ads X